Lonjakan Kasus Positif Covid-19 buat Kapasitas RSUD Depok Nyaris Penuh

Minggu, 13 September 2020 17:30 Reporter : Nur Fauziah
Lonjakan Kasus Positif Covid-19 buat Kapasitas RSUD Depok Nyaris Penuh RSUD Depok Ditetapkan Sebagai Rumah Sakit Khusus Covid-19. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kapasitas tempat tidur untuk perawatan pasien Covid19 di RSUD Depok menipis. Pasalnya tiap hari angka pasien terkonfirmasi meningkat. Di RSUD Depok tersedia sebanyak 55 bed untuk pasien Covid-19.

"Dari 55 bed itu sudah terisi semua, termasuk perawatan ICU dan HCU," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Devi Maryori, Minggu (13/9).

Dikatakan bahwa peningkatan pasien terjadi sebulan terakhir. Hal itu berhubungan dengan melonjaknya kasus di Depok pada awal Agustus. Jumlah pasien Covid-19 yang dirujuk ke RSUD Depok variatif. Termasuk adanya kasus klaster keluarga yang diterima RSUD Depok.

Ada juga pasien yang dirujuk ke RSUD Depok disebut mengalami gejala klinis sedang hingga berat, sehingga agak lama dirawat di rumah sakit.

"Memang kecenderungannya akhir-akhir ini, kira-kira sebulan atau 3 minggu terakhir ini, memang pasien itu jumlah yang pengawasan itu lebih banyak daripada yang sudah-sudah," ucapnya.

Ketika ditemukan adanya pasien yang memerlukan pengawasan tenaga medis maka pihaknya tidak memperbolehkan pasien untuk pulang. Pasien harus dirawat di RSUD. Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya dimana hanya 1-2 pasien saja yang datang dan dirawat dalam kondisi kurang bagus.

"Kalau sekarang itu, kami sudah rawat baik-baik, tiba-tiba dia ada penurunan, sampai akhirnya dirawat di ICU," tuturnya.

Dengan kondisi demikian maka pihaknya merencanakan adanya penambahan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di RSUD Depok. Tak hanya itu, direncanakan juga akan ditambah jumlah ICU. Hanya saja, masih terkendala ketersediaan perawat khusus pasien Covid-19 di ICU yang harus punya kompetensi khusus dengan cara mengikuti kursus selama 2-3 pekan.

"Tentu kami harus merekrut dan kirim ke rumah sakit yang ada pelatihan untuk ICU. Itu perlu effort, semua rumah sakit punya kendala itu. Menambah ICU tidak mungkin tanpa menambah SDM ICU," ujarnya.

Devi menuturkan kalau pasien biasa maka satu perawat bisa menangani hingga empat orang. Namun untuk di ICU, 1 pasien 1

"Tidak sama dengan perawat di ruangan biasa," katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Virus Corona
  4. Depok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini