Longsor di Kali Code, 5 rumah ikut rusak

Jumat, 1 April 2016 13:33 Reporter : Dede Rosyadi
Longsor di Kali Code, 5 rumah ikut rusak Ilustrasi Tanah Longsor. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Tebing Sungai Code berada di RT 29 RW 7 Kampung Jogoyudan Gowongan Jetis Yogyakarta longsor menyebabkan satu rumah kehilangan ruangan dan empat rumah di sekitarnya retak.

"Kejadiannya sekitar pukul 08.00 WIB. Talud yang ada di tebing semakin retak dan akhirnya longsor," kata Camat Jetis Ananta Wibowo di Yogyakarta, Jumat (1/4).

Ananta menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu karena ruangan yang ikut longsor hanya digunakan sebagai gudang. Namun demikian, pihaknya sudah meminta penghuni rumah yang terdampak longsor untuk segera melakukan evakuasi karena kondisi masih cukup mengkhawatirkan dan retakan di dalam rumah semakin besar.

Longsor itu dipicu hujan deras yang mengguyur Kota Yogyakarta dua hari lalu. "Lokasi yang longsor ini dulunya tumpukan sampah sehingga tanah yang ada di tempat tersebut labil," katanya seperti dilansir dari Antara.

Kondisi tebing yang mengalami longsor masih belum stabil karena ada saluran air yang terus menerus mengeluarkan air sehingga tanah ikut tergerus. Kejadian itu menarik perhatian warga yang ingin menyaksikannya dari Jembatan Gondolayu.

Tebing Sungai Code yang longsor memiliki panjang sekitar tiga meter dengan ketinggian 10 meter dan sudut kecuraman hampir tegak lurus. Namun, talud yang ada di sisi selatan tebing yang longsor juga retak sehingga mengancam empat rumah di atasnya.

Indrawati (68), salah satu pemilik rumah yang mengalami kerusakan paling parah itu memaparkan, tidak ada orang di ruangan yang ikut longsor.

"Hanya dipakai untuk menyimpan barang-barang saja. Semuanya ikut longsor ke sungai," ujar dia.

Untuk sementara, lokasi rumah yang terdampak longsor diberi garis pengaman dari kepolisian dan pemilik mulai memindahkan barang-barang di dalam rumah agar lebih aman. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Tanah Longsor
  2. Yogyakarta
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini