Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

LIVE REPORT: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024

LIVE REPORT: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 Foto resmi Jokowi-Maruf. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung DPR/MPR, siang ini. Serangkaian kegiatan dilakukan presiden dan wakil presiden terpilih sebelum pelantikan. Segala persiapan juga dilakukan di Gedung DPR dan Istana Negara. Termasuk dari unsur petugas keamanan baik TNI maupun Polri yang sudah bersiaga di titik vital ibu kota.

18.00 WIB

Presiden Jokowi kembali tiba di Istana Negara.

jokowi kembali ke istana sesuai dilantik

17.59 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba di rumah dinasnya. Rencananya, Ma'ruf Amin akan langsung ke kantor Wakil Presiden di Medan Merdeka Selatan untuk serah terima jabatan dengan Jusuf Kalla.

pelantikan jokowi maruf

16.15 WIB

Dalam pelantikan kali ini, prosesi tukar duduk hanya dilakukan antara wakil presiden Jusuf Kalla kepada Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Di awal, JK duduk di sisi kanan dari Ma'ruf. Usai menandatangani berita acara pelantikan dan membacakan sumpah jabatan, posisi pun berubah. Keduanya saling bertukar posisi. Ini menjadi simbol bahwa JK sudah resmi purna tugas. Digantikan oleh Ma'ruf Amin yang masih menjabat sebagai Ketua MUI.

pelantikan jokowi maruf

16.00 WIB

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Di bawah Alquran dan di hadapan tamu undangan serta ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucap sumpah jabatan. Sah, Jokowi dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wapres periode 2019-2024.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Dengan begitu mulai saat ini, Ir Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk masa jabatan 2019-2024," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo.

pelantikan jokowi maruf

15.30 WIB

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 dimulai. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Presiden Jokowi duduk di sebelah kanan pimpinan sidang paripurna. Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla duduk di sebelah kiri pimpinan sidang, didampingi Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin.

14.45 WIB

Sejumlah pemimpin negara sahabat sudah hadir di Gedung DPR untuk menyaksikan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024. Salah satunya Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

pelantikan jokowi maruf

14.40 WIB

Presiden Joko Widodo tiba di gedung DPR. Jokowi didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo. Jokowi disambut Ketua MPR Bambang Soesatyo dan para wakil ketua MPR. Jokowi menyalami satu per satu.

mobil jokowi tinggalkan istana

14.20 WIB

Mobil Indonesia 1 berhenti di depan Monas. Presiden Jokowi tiba-tiba turun dari mobil dan berjalan. Jokowi ditemani putra sulungnya, Gibran Rakabuming, menyalami warga yang berada di Taman Pandang, persis di depan Monas yang mengarah pintu gerbang Istana. Jokowi dijaga ketat pasukan pengawal presiden.

jokowi sapa warga di depan monas

14.19 WIB

Presiden Joko Widodo meninggalkan Istana Negara menuju gedung DPR. Jokowi menyempatkan diri meladeni wawancara dengan awak media. Jokowi dan keluarga besar yakni anak, menantu dan cucu ikut mendampingi.

mobil jokowi tinggalkan istana

14.15 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla meninggalkan rumah dinas menuju Gedung DPR.

13.50 WIB

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di gedung DPR. SBY datang mengenakan setelan jas dan dasi biru. Tak berselang lama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dengan mengenakan jas dan dasi merah muda.

13.45 WIB

Wakil Presiden Terpilih Maruf Amin keluar dari kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Minggu (20/10) sekitar pukul 13.45 WIB. Saat pintu rumah dibuka, Ma'ruf Amin keluar sambil melambaikan tangan pada wartawan yang sudah menunggu sejak pagi.

Ada yang berbeda dari penampilan Ma'ruf Amin kali ini. Ma'ruf tidak mengenakan sarung. Dia mengenakan celana panjang hitam dan jas hitam dengan dasi berwarna merah. Dia didampingi sang istri Wuri Estu Handayani.

Sebelum berangkat, Ma'ruf Amin mengajak semua yang hadir di kediamannya dengan berdoa. Setelah berdoa, Ma'ruf Amin bertolak menggunakan mobil berpelat nomor B 1925 RFS.

maruf amin sebelum berangkat pelantikan

13.40 WIB

Mantan Wakil Presiden Boediono tiba di Gedung DPR. Boediono hadir seorang diri. Selain Boediono, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu juga sudah hadir di DPR. Begitu pula dengan Menko Perekonomian dan Plt Menko PMK, Darmin Nasution dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

tamu tamu yang hadir di pelantikan presiden

13.17 WIB

Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan tiba di Gedung DPR. Sebelum Zulkifli Hasan, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh sudah terlebih dulu hadir. Sejumlah menteri kabinet kerja juga sudah hadir. Di antaranya Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moelok, Mendikbud Muhadjir Effendi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Bekaf Triawan Munaf.

tamu tamu yang hadir di pelantikan presiden

12.50 WIB

Prabowo hadir sekitar 12.50 WIB menggunakan mobil berwarna putih. Prabowo semobil dengan Sandiaga Uno. Setiba di Gedung DPR, Prabowo dan Sandiaga disambut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra diantaranya Sufmi Dasco Ahmad, Sugiono, Edhy Prabowo. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. Prabowo dan Sandi sama-sama tidak banyak bicara pada awak media. Dia langsung masuk ke lift nusantara III.

prabowo hadiri acara pelantikan jokowi maruf

12.30 WIBSejumlah tamu undangan mulai hadir memenuhi gedung DPR. Terlihat hadir beberapa kepala daerah. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra juga tampak hadir.Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, hingga putri Presiden ke-4 Gus Dur, Yenny Wahid juga sudah tampak di Gedung DPR.

Sejumlah menteri kabinet kerja I juga sudah tampak hadir. Semisal Mendagri Tjahjo Kumolo, Mendag Enggartiasto Lukita, Men PAN-RB Syafruddin.

gedung dpr jelang pelantikan presiden

10.20 WIB

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Raja Eswatini, Mswati III beserta istrinya, Siphelele Mashwama. Mantan Wali Kota Solo ini didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Jokowi mengajak Mswati III masuk ke ruang utama Istana Merdeka. Usai foto bersama, Mswati III mengisi buku tamu.

jokowi usai bertemu raja eswatini

09.20 WIBPresiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menerima Perdana Menteri Australia Scott Morrison. PM Scott membawa istrinya, Jenny Morisson. Setelah itu, Jokowi dan Iriana menyambut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang datang bersama sang istri, Ho Ching. PM Lee dan istrinya kemudian mengisi buku tamu.

jokowi menerima pm australia scott morrison

09.05 WIBPresiden Joko Widodo menerima Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. Pertemuan digelar di Ruang Jepara Istana Merdeka Jakarta. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Jokowi tampak mengenakan setelan jas biru dan dasi merah. Sedangkan Iriana menggunakan baju kurung berwarna krem. Sementara Hassanal Bolkiah mengenakan setelan jas hitam dan dasi biru. Hassanal Bolkiah didampingi putranya, Pangeran Mateen.

jokowi bertemu sultan brunei darussalam

07.00 WIBPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan peninjauan ke sejumlah objek vital di Jakarta jelang pelatikan presiden dan wakil presiden 2019-2024. Mulai dari sekitar Istana Negara, lalu menyusuri jalan Sudirman, lalu ke DPR trus ke Gedung Graha JalaPuspita. Pantau merdeka.com, Hadi dan Tito menyalami satu per satu anggota TNI dan Polri.

panglima tni kapolri cek pengamanan jelang pelantikan

06.00 WIBWakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin mengawali hari dengan olahraga di sekitaran kompleks tempat tinggalnya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Ma'ruf olahraga sekitar pukul 06.00 Wib. Ma'ruf olahraga di sekitar taman kodok, Menteng.

maruf amin jalan pagi jelang pelantikan

(mdk/noe)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi: Presiden dan Menteri Boleh Memihak dan Ikut Kampanye

Jokowi: Presiden dan Menteri Boleh Memihak dan Ikut Kampanye

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, semua menteri bahkan presiden boleh berkampanye atau mendukung salah satu kandidat pada Pemilu 2024.

Baca Selengkapnya
Beda Sikap dengan Jokowi soal Presiden Boleh Kampanye dan Memihak, Ma'ruf Amin Tegaskan Netral di Pemilu

Beda Sikap dengan Jokowi soal Presiden Boleh Kampanye dan Memihak, Ma'ruf Amin Tegaskan Netral di Pemilu

Ma'ruf Amin merahasiakan pilihannya dan bakal menyoblos pada 14 Februari mendatang.

Baca Selengkapnya
Jokowi Bertemu Prabowo dan Zulhas, Puan: Saya Tunggu Diajak Presiden

Jokowi Bertemu Prabowo dan Zulhas, Puan: Saya Tunggu Diajak Presiden

Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah ketua umum partai. Mulai dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto, lalu Ketum PAN Zulkifli Hasan hari ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Isu Presiden Jokowi Titip Nama Menteri, Gibran: Keputusan di Prabowo

Isu Presiden Jokowi Titip Nama Menteri, Gibran: Keputusan di Prabowo

Gibran menampik jika Presiden Joko Widodo menitipkan nama di kabinte pemerintahan selanjutnya.

Baca Selengkapnya
JK Ungkap Beda Cara SBY dan Jokowi Pilih Menteri dan Susun Kabinet

JK Ungkap Beda Cara SBY dan Jokowi Pilih Menteri dan Susun Kabinet

Wakil Presiden ke-12 RI Jusuf Kalla menjelaskan proses pembagian kursi menteri saat pemerintahannya.

Baca Selengkapnya
Jika Menang Pilpres 2024, Prabowo Mengaku akan Rangkul Semua Kekuatan

Jika Menang Pilpres 2024, Prabowo Mengaku akan Rangkul Semua Kekuatan

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengaku bakal meniru jejak Presiden Joko Widodo atau Jokowi bila memenangkan Pilpers 2024.

Baca Selengkapnya
VIDEO: Jokowi Perintahkan Semua Menteri Waspada, Singgung Kedatangan Presiden Baru

VIDEO: Jokowi Perintahkan Semua Menteri Waspada, Singgung Kedatangan Presiden Baru

Presiden Jokowi memerintahkan semua menteri waspada jelang bulan Ramadan dan Idul Fitri

Baca Selengkapnya
Begini Isi Undang Undang Pemilu Terbaru Tahun 2023 Terbitan Presiden Joko Widodo

Begini Isi Undang Undang Pemilu Terbaru Tahun 2023 Terbitan Presiden Joko Widodo

Berikut isi Undang Undang Pemilu terbaru tahun 2023 terbitan Presiden Joko Widodo.

Baca Selengkapnya
Istana Jawab Keanggotaan Jokowi di PDIP Usai Maruarar Mundur: Jangan Dihubung-hubungkan dengan Presiden

Istana Jawab Keanggotaan Jokowi di PDIP Usai Maruarar Mundur: Jangan Dihubung-hubungkan dengan Presiden

Maruarar Sirait mengatakan langkah politiknya mengikuti Joko Widodo

Baca Selengkapnya