Lion Air Tergelicir di Bandara Supadio Pontianak Sudah Dievakuasi dari Landasan

Minggu, 17 Februari 2019 10:51 Reporter : Lia Harahap
Lion Air Tergelicir di Bandara Supadio Pontianak Sudah Dievakuasi dari Landasan Lion air tergelincir di Supadio Pontianak. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-714 tergelincir di landasan Bandara Supadio Pontianak sesaat setelah melakukan pendaratan. Peristiwa itu terjadi di pukul 15.15 tadi kemarin.

Pagi ini, badan pesawat sudah dievakuasi. "Hari ini, pukul 09.30 WIB pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sudah berhasil dievakuasi dan telah ditempatkan pada posisi sempurna di landas parkir (apron) bandar udara," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam rilis yang diterima merdeka.com, Kamis (17/2).

Lion Air mengaku terus berkoordinasi dan kerjasama dengan pengelola bandar udara setempat, Lanud dan instansi lainnya yang terkait dalam proses evakuasi pesawat.

Terkait penyebab jatuhnya pesawat, kata Danang, pihak Lion Air menyerahkan proses investigasi atas insiden penerbangan JT-714 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan serta berbagai pihak terkait, untuk nanti dapat diberikan rekomendasi kepada Lion Air.

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan baik dalam proses pemindahan pesawat tersebut," katanya.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air JT-714 berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan tiba di Supadio sekitar 13.50 WIB. Namun saat proses pendaratan mengalami overrun karena cuaca hujan deras.

Pesawat membawa 180 penumpang dan 2 bayi, dan dipastikan semua dalam keadaan selamat. Peristiwa ini sempat membuat ladasan bandara ditutup sementara.

Akibatnya, tiga penerbangan terdampak yakni NAM Air nomor penerbangan IN-156 (return to apron), Citilink QG-415 (return to base), dan Garuda Indonesia GA-154 (return to base).

"Kami saat ini tengah berupaya memindahkan pesawat tersebut agar runway dapat kembali malam ini digunakan untuk penerbangan dari dan ke Supadio, Pontianak," kata EGM Bandara Supadio Jon Mukhtar Rita. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Lion Air
  2. Pesawat Tergelincir
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini