Lintasan bersih abu vulkanik Merapi, Bandara Ahmad Yani kembali beroperasi

Sabtu, 2 Juni 2018 09:11 Reporter : Dian Ade Permana
Lintasan bersih abu vulkanik Merapi, Bandara Ahmad Yani kembali beroperasi Bandara Ahmad Yani. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang kembali normal setelah sempat ditutup pada Jumat (1/6). Penutupan bandara tersebut dampak abu vulkanik yang berada di lintasan runway karena erupsi Gunung Merapi. Selain Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Sumarmo juga ditutup.

Dian PS, General Manager and Section Head PT AP I Bandara A Yani, mengatakan penutupan bandara pada rencana awal dilakukan pada pukul 15.30 hingga 18.30. Namun, penutupan tersebut bertambah selama satu jam, dan baru dibuka kembali pada 19.30.

"Ternyata butuh waktu lebih lama, tambahan sekitar satu jam sebelum runway dinyatakan aman untuk penerbangan," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (2/6).

Dian mengatakan setelah operasional bandara dinyatakan dibuka pada 19.30, langsung ada pesawat yang terbang dan mendarat. "Setelah dibuka pada Jumat malam itu, operasional sudah normal. Sabtu pagi ini sudah lancar semua, penerbangan sudah biasa lagi. Tidak ada penumpukan penumpang," paparnya.

Ditambahkan, karena abu vulkanik termasuk dalam bencana alam, maka untuk antisipasi kejadian serupa menunggu arahan dari instansi lain yang berwenang. "Soal penutupan bandara karena abu vulkanik kan itu semata keselamatan penumpang. Jadi yang utama itu adalah keselamatan," kata Dian.

Sebelumnya, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Israwadi mengatakan penutupan bandara tersebut berdasar pada penerbitan NOTAM B3949/18 dan B3951/18. Ada 12 penerbangan yang ditunda dari Bandara Adi Sumarmo dan 14 penerbangan dari Bandara Ahmad Yani. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini