Lima Kapal KRI dan Satu Helikopter Masih Cari Kapal Selam Nanggala-402

Kamis, 22 April 2021 10:57 Reporter : Kirom
Lima Kapal KRI dan Satu Helikopter Masih Cari Kapal Selam Nanggala-402 Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402. ©SONNY TUMBELAKA/AFP

Merdeka.com - Kapal Selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut yang hilang kontak di Perairan Bali masih dilakukan pencarian. Kapal hilang kontak sejak Rabu (21/4) pagi kemarin.

"Sebagai informasi, saat ini ada lima Kapal KRI dan satu helikopter yang melaksanakan operasi pencarian dengan kekuatan lebih dari 400 orang," kata Kapuspen TNI, Mayjen Achmad Riad, saat konferensi pers, di Base Op Lanud, I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (22/4).

Selain itu, Kapal KRI Rigel 933 saat ini sedang bergerak yang dulu ikut dilibatkan pada pencarian Sriwijaya Air. Proses pencarian juga dibantu negara sahabat yang menawarkan bantuan seperti Singapura dengan Kapal Swift Rescue.

"Dan kapal ini penyelamat, kapal selam yang naik kendala di bawah air. Jadi, Swift Rescue ini, diperkirakan akan tiba di lokasi pada tanggal 24 April (2021)," imbuhnya.

Selain Singapura, Malaysia juga menawarkan Kapal Swift Rescue Megabati dah akan tiba pada tanggal 26 April 2021 di lokasi.

Selain itu, tim gabungan dari pihak Basarnas, BPPT, PT3L serta oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi Kelautan dengan menggunakan kapal Basarnas akan membawa peralatan.

Kemudian, untuk Posko Crisis Center direncanakan di Mako Armada ll, Surabaya dan juga direncanakan ada di Lanal Banyuwangi, Jawa Timur.

"Beberapa peralatan-peralatan pendukung, seperti ambulans MHD jadi mobile hiperbolik itu juga disiapkan. Mudah-mudahan apabila mereka ditemukan bisa menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan para krunya," ujar Mayjen Riad. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini