KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Lima hari hilang, dua pendaki Semeru ditemukan

Senin, 11 November 2013 15:09 Reporter : Mohamad Taufik
Pendakian Semeru. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Setelah lima hari dikabarkan hilang, kini dua pendaki Gunung Semeru sudah ditemukan. Kedua pendaki itu adalah Azis Fuadhi (21) dan M Rifki Perdana (20). Mereka merupakan mahasiswa di perguruan tinggi di Jakarta.

Azis dan Rifki dilaporkan hilang pada Kamis (7/11) malam pukul 22.00 WIB. "Terakhir perjumpaan keduanya dengan rombongan di Cemoro Tunggal," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTN BTS) Ayu Dewi Utari, Senin (11/11).

Ayu menjelaskan, Azis diketahui sebagai warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sementara Rifki warga Cipayung, Jakarta Timur. Keduanya dilaporkan hilang oleh anggota rombongan pendaki yang lain. Rombongan terdiri atas 20 orang, dan mulai mendaki pada Rabu, 6 November 2013.

Di tengah pendakian, Azis dan Rifki tak mampu melanjutkan perjalanan dan berhenti di Cemoro Tunggal. Saat rombongan kembali, ternyata keduanya sudah tak ada di lokasi terakhir tempatnya berhenti.

"Keduanya menyusul rombongan. Keduanya ini kemungkinan pendaki baru yang belum berpengalaman," ujar Ayu. Tim gabungan dari Basarnas, Kodim dan Polres langsung mencari keduanya. Pada Minggu kemarin, Azis ditemukan lebih dulu.

"Azis ditemukan dalam kondisi patah kaki karena terjatuh ke dalam jurang di Blank 75 arah ke Tawon Songo. Kemudian Senin tadi pukul 12.00 WIB, Rifki ditemukan di Gunung Buto, lokasinya agak melenceng, sekitar 4 jam dari Tawon Songo," ujarnya.

Keduanya ditemukan dalam kondisi lemas karena kelaparan. Mereka hanya berbekal roti dan minuman. "Tapi sehat-sehat saja. Hanya kelaparan," tutur Ayu.

Sekarang keduanya masih dalam proses evakuasi. Keluarga korban juga sudah datang ke lokasi penjemputan. Sementara rekan-rekan korban sampai kini juga masih menunggu. Untuk memudahkan evakuasi, jalur pendakian ditutup untuk sementara. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Pendakian Gunung Semeru
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.