Libur panjang, lokasi wisata gratis ini jadi pilihan favorit warga

Sabtu, 7 Mei 2016 14:31 Reporter : Yan Muhardiansyah
Libur panjang, lokasi wisata gratis ini jadi pilihan favorit warga Liburan di Kompleks Perumahan Cemara Asri. ©2016 merdeka.com/yan muhardiansyah

Merdeka.com - Libur panjang kali ini diisi sebagian warga Medan dengan rekreasi. Lokasi wisata gratis pun menjadi pilihan bagi yang ingin berhemat.

Terdapat sejumlah lokasi wisata superhemat di sekitar Kota Medan. Di Kompleks Perumahan Cemara Asri, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, misalnya. Di kawasan ini terdapat setidaknya 3 lokasi yang bisa dikunjungi tanpa dipungut biaya sepeser pun.

"Senang ke sini, enggak terlalu jauh dan enggak ada kutipan sama sekali. Enggak ada tiket masuk, parkirnya gratis, hemat lah. Tempatnya pun semakin tertata," kata Tari (28), ibu rumah tangga yang datang bersama keluarganya, Sabtu (7/5).

Satu dari tiga lokasi di Kompleks Cemara Asri yang paling ramai dikunjungi yaitu rawa seluas 5 hektare yang ada di sana. Lokasi itu dihuni koloni unggas. Ribuan ekor burung bermukim di sana. Jenisnya pun beragam, seperti bangau, kolak malam kelabu, kuntul, cangak, kokokan laut, koreo padi, belibis, dan berbagai burung lainnya.

Bukan hanya burung, ikan mas dan ikan lele sebesar paha orang dewasa pun banyak ditemukan di sana. Pengunjung dapat memberi makan ikan yang tidak boleh ditangkap atau dipancing ini.

Dekat rawa itu terdapat Maha Vihara Maitreya di Jalan Cemara Boulevard Utara. Wihara ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Bukan hanya di kedua tempat itu, pengunjung juga ramai di taman yang ada di bundaran di dalam kompleks. Selain bersantai, ada pula yang menginjak batu refleksi yang memang disediakan di bundaran itu.

Tiga lokasi rekreasi gratis yang letaknya berdekatan itu memang selalu ramai dikunjungi warga. Pengunjung tampak semakin ramai saat libur panjang kali ini. Beberapa di antaranya tampak mengabadikan momen mereka di sana.

Selain di Kompleks Cemara Asri, masih banyak lokasi wisata hemat di Medan sekitarnya. Misalnya di kawasan Titi Gantung, juga taman-taman kota. Pengunjung pada libur panjang ini juga tampak berlipat dibanding biasanya.

"Cuma sayang, parkir di taman-taman ini bayar," sebut Ida, seorang mahasiswa.

Sementara sejumlah lokasi wisata berbayar juga semakin ramai dikunjungi warga pada libur panjang kali ini. Warga tetap rela merogoh kocek untuk berwisata bersama keluarga.

Namun, ada juga kendala pada libur kali ini. Hujan deras beberapa kali mengguyur kota Medan. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini