Libur Lebaran Ke Batam? Wajib Kunjungi 10 Destinasi Keren Ini

Rabu, 5 Juni 2019 08:04 Reporter : Hery H Winarno
Libur Lebaran Ke Batam? Wajib Kunjungi 10 Destinasi Keren Ini Batam. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pesona Pulau Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tak terbantahkan. Batam menjelma menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Bukan hanya bagi wisatawan nusantara, tetapi juga warga Singapura dan Malaysia. Maklum pulau ini sangat strategis. Posisinya berada persis di Selat Melaka yang merupakan laluan laut nomor dua tersibuk di dunia.

"Secara geografis, posisi Batam, Singapura, dan Malaysia hanya dibatasi oleh Selat Melaka. Pesatnya pembangunan sektor pariwisatanya membuat #PesonaMudik2019 di Batam semakin asik. Hal ini pun membuat wisatawan dari negara tetangga merasa nyaman berada menghabiskan liburan di Batam dan pulau sekitarnya," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Aksesnya sangat mumpuni. Wisatawan dapat dengan mudah menuju Batam. Saat ini enam pintu masuk wisatawan datang ke Indonesia lewat Batam. Lima di antaranya dari pelabuhan laut, dan satu dari bandara, Bandara Hang Nadim.

Infrastruktur jalan raya dari dan ke bandara Hang Nadim juga beberapa pelabuhan kini pun makin oke. Demikian juga jalan protokol di dalam kota kawasan Nagoya sudah lebar dan terawat sangat asri.

"Kami terus berbenah dengan dukungan pemerintah pusat untuk menjadi Batam kawasan pariwisata yang mumpuni. Makanya Batam saat ini semakin nyaman bagi wisatawan. Apalagi destinasi yang ada sangat lengkap. Dari mulai wisata belanja, wisata alam, hingga wisata buatan. Silakan datang berlibur lebaran di Batam," ujar Kadispar Provinsi Kepri Boeralimar.

Berikut 10 destinasi Batam yang siap menyambut wisatawan berlibur Lebaran di Batam.

1. Barelang Bridge

Ini dia ikonnya kota Batam. Kalau liburan ke Batam, rasanya nggak lengkap kalau nggak mampir ke Jembatan Barelang. Jembatan Barelang sendiri adalah singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini menghubungkan banyak pulau, seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Banyak yang bilang, jembatan ini merupakan miniatur jembatan Golden Gate di San Fransisco. Jembatan Barelang juga terlihat begitu menawan dengan latar belakang pemandangan laut yang berwarna biru dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

2. Ranoh Island

Memiliki puluhan pulau yang tersebar, Pulau Ranoh menjadi destinasi wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi. Nuansa ala tropis yang istimewa menjadi alasan utama untuk menikmati suasana di Pulau Ranoh ini.

Pasir pantai yang bersih, air laut yang jernih dan terumbu karang dengan aneka bentuk yang unik serta bermacam ikan hias yang berwarna-warni mempercantik Pulau Ranoh. Rugi jika tidak menyambangi pulau ini, lho!

3. Mubud Island

Salah satu pulau tidak berpenghuni di Batam adalah Pulau Mubut, atau tepatnya Pulau Mubut Darat. Itu berarti, kamu dapat mendapati nuansa asri pulau tropis yang alami saat mengunjungi pulau ini.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, tapi jangan membuang sampah sembarangan, ya! Selain merusak keindahan dan kealamian pulau itu sendiri, nyampah di sembarang tempat menjadikanmu traveller kelas rendah. Bersantai, menikmati sunset dan bermain air dan pasir putih adalah cara paling baik menikmati alam di Pulau Mubut.

4. Palm Spring Golf

Batam dikenal sebagai surganya para pegolf. Di Batam tujuh lapangan golf yang menjadi favorit para golfer di Kota Batam yang memiliki lubang-lubang yang menantang. Lagi pula lapangan golf di Batam berskala internasional. Salah satunya Palm Spring Golf di Nongsa Batam.

Palm Spring merupakan sebuah resort golf premier di Batam. Tempat golf yang dikembangkan oleh SinarmasLand ini terletak di Nongsa dengan pemandangan aduhai dengan latar pantai dan gedung pencakar langit Singapura.

Lapangan yang mempunyai 27 lubang ini dirancang oleh Larry Nelson dan IMG, mengintegrasikan lereng hijau, hutan alam, dan pemandangan pantai serta diperkaya dengan fitur alami seperti pohon-pohon palem dan vegetasi mangrove.

Tempat yang mempunyai lubang-lubang golf yang menantang seluas 274 ha ini nantinya akan dilengkapi dengan resort housing, villa dan hotel. Demikian dikatakan oleh Steven Japari, General Manager Palm Springs Golf & Beach Resort.

Untuk mencapai ke tempat ini memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan pribadi.

5. Nuvasa Bay

Pemandangan pantai Nuvasa Bay memang terlihat bagus. Sejauh mata memandang, langit biru dan pancaran matahari mulai hilang terlihat di sepanjang tepian laut.

Tidak jarang setiap pengunjung berswafoto berlatarkan laut, langit biru dan tepi pantai tersebut sambil bercengkerama dengan keluarga maupun kawan. Tidak hanya itu, acap kali banana boat melintas di sepanjang pantai. Wahana permainan lain juga menjadi perhatian pengunjung.

Pantai Nuvasa Bay merupakan salah satu destinasi unggulan di Batam. Pantai ini sudah ada sejak 2016 lalu, tetapi seiringnya waktu destinasi ini terus berkembang dan semakin menjadi tempat favorit wisatawan.

Nuvasa Bay berada di jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dari pusat kota, membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan kecepatan normal menggunakan mobil. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan di Nuvasa Bay. Selain pemandangan pantai yang indah, namun juga ada beberapa wahana permainan. Sebut saja Aqua Adventure, Jet Ski, Banana Boat, Water Bubbles, Land Adventure, Paint Ball, Shooting Target, Flying Bike dan Flying Fox.

6. Nagoya Hill Mall

Berkunjung ke Batam belum lengkap rasanya kalau nggak belanja tas dan parfum murah. Nagoya Hill Shopping Mall merupakan salah satu tempat belanja murah di Batam yang menjadi buruan para turis untuk berbagai tas branded yang dibanderol dengan harga miring. Bahkan, sampai terkenalnya, Nagoya Hill ini juga menjadi tempat wisata di Batam yang wajib dikunjungi untuk melihat ambience para pengunjung.

7. Via via Beach

Nah, satu lagi nih pantai di Batam yang wajib kamu kunjungi, Pantai Via Via namanya. Pantai yang terletak di Sijantung, Galang, Batam City ini sangat menarik karena salah satu objek wisata untuk berfotonya, yaitu ayunan di tengah pantai yang banyak dijadikan spot berfoto para anak muda. Kalau kamu suka liat foto-foto traveller di Batam yang lagi bersantai di ayunan sambil menampilkan pemandangan matahari terbenam, pasti di Pantai Via via yang terkenal di Batam ini!

8. Jabal Arafah Mosque

Masjid Jabal Arafah Batam, adalah satu Masjid unik yang terletak di Lubuk Baja, Kota Batam. Dengan memanfaatkan kontur tanah berbukit, Masjid Jabal Arafah telah dirancang, dibangun, dan dikembangkan dengan tujuan multi-fungsi.

Selain fungsi utamanya sebagai sebuah tempat ibadah bagi Umat Islam, masjid inipun sudah menjadi satu destinasi wisata religi keluarga di Batam. Bukan hanya warga Batam, masjid inipun banyak dikunjungi wisatawan domestik hingga wisatawan asing dari negara tetangga seperti Malaysia.

Jika datang ke Batam, rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke Masjid Jabal Arafah, seperti halnya juga belum sampai ke Jembatan Barelang. Di sana ikut tersedia fasilitas taman, perpustakaan, kantin, dan tempat penjualan suvenir serta aneka kebutuhan pengunjung.

9. Kepri Coral

Kepri Coral merupakan destinasi yang sedang hits saat ini. Sebuah destinasi baru yang terdiri dari Kolam Renang dan Akuarium bawah laut yang menakjubkan.

Pemandangan bawah laut di Kepri Coral bisa anda nikmati tanpa harus berenang, cukup masuk ke dalam Akuarium untuk bisa melihat ikan dan terumbu karang di luar akuarium Kepri Coral Batam, tentu destinasi wisata seperti ini masih asing di Kota Batam karena Kepri Coral merupakan yang pertama di kembangkan di Batam kepulauan Riau.

Banyak aktivitas lain di Kepri Coral yang Bisa anda nikmati selain Akuarium Bawah laut raksasa ini. Anda bisa bermain Zet ski, Perahu Cano, Pantai atau sekedar bermain di Pantai. Sepeda Air dan tentu saja Kolam Renang juga sudah tersedia dini.

10. Welcome to Batam Monument

Kawasan Welcome To Batam (WTB) menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Batam maupun wisatawan untuk momen selfie. Bagi warga Batam, kawasan Welcome To Batam juga sering digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman-teman.

Sudah menjadi ikon kota, WTB berada di seputar Batam Center. Tempat inipun terkenal dengan spot foto yang menarik bahkan menjadi identitas Kota Batam.

Jika sedang berada di Batam, tentunya sangatlah sayang, jika tidak berfoto di ikon kota Batam ini. Dalam perkembangannya, tidak hanya tulisan raksasa Welcome To Batam saja yang menjadi spot foto bagi para pengunjung. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Kemenpar
  2. Pesona Indonesia
  3. Batam
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini