Libur Lebaran, 8 juta orang diprediksi berwisata ke Jateng

Selasa, 19 Juni 2018 02:03 Reporter : Dian Ade Permana
Libur Lebaran, 8 juta orang diprediksi berwisata ke Jateng Candi Borobudur. ©2016 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Sebanyak 8 juta wisatawan diperkirakan memasuki Jawa Tengah selama musim libur Lebaran tahun ini. Destinasi yang menjadi favorit adalah Candi Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, Dieng, serta Kepulauan Karimunjawa.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Prambudi mengatakan, telah memperkuat koordinasi lintas daerah dengan semua pemda maupun Kementerian Pariwisata untuk memaksimalkan layanan pariwisata setempat.

Jika dilihat dari arus liburan Lebaran tahun ini, puncak datangnya wisatawan terjadi akhir pekan lalu. Diprediksi ada 4,5 juta kendaraan yang masuk ke Jateng. "Prediksi kami pasti ada lebih dari 8 juta wisatawan datang," kata Prambudi.

Dia optimistis kunjungan wisatawan terus meningkat hingga perayaan Lebaran ketupat atau Syawalan. Saat ini sudah ada pemerintah daerah yang melapor kalau mereka akan membuat acara pada perayaan Syawalan,salah satunya di Kendal.

Lonjakan pengunjung juga terjadi di Lawang Sewu. Destinasi wisata yang dikelola PT. KAI ini pada Minggu (17/6) dikunjungi 10.916 wisatawan. "Rinciannya 8.219 pengunjung dewasa dan 2.697 pengunjung anak-anak," kata Suprapto, Manajer Humas PT. KAI Daop 4, Senin (18/6). Pada hari biasa, jumlah kunjungan berkisar 5000-6000 orang. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini