Libas Kaltim, Tim Sepak Bola Papua Melaju ke Final PON XX

Rabu, 13 Oktober 2021 04:04 Reporter : Richard Jakson Mayor
Libas Kaltim, Tim Sepak Bola Papua Melaju ke Final PON XX Logo PON XX Papua. ©2021 Merdeka.com/Richard Icahd

Merdeka.com - Tim sepak bola Papua berhasil melangkah mulus ke final dalam cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Tiket menuju final dikantongi usa tim tuan rumah melibas Kalimantan Timur dengan skor telak 5:1 pada laga semifinal yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (12/10) Petang.

Tim tuan rumah lebih dulu tertinggal 1:0, pada paruh pertama menit kesembilan belas. Atas kesalahan pemain belakang tim PON Papua, Ari Wakum (25), salah dalam membuang bola hasil tendangan bebas yang dilakukan oleh pemain Kalimantan Timur, Muhammad Rizky Ramadhan (3). Bola justru masuk ke gawang tim tuan rumah yang dijaga Adzib Al Hakim Arsyad (1).

Tertinggal satu gol, tidak membuat mental para pemain tim tuan rumah menyurut. Ditambah dukungan penonton yang memadati Stadion Mandala Jayapura, alhasil tim tuan rumah mendapat hadiah pinalti dari wasit usai salah satu pemain PON Papua Arody Uopdana (9) dijatuhkan di kotak enam belas.

Kesempatan pinalti yang diberikan wasit itu tidak disiakan-siakan tim tuan rumah.

Kapten tim sepak bola PON Papua, Ricky Ricardo Cawor (10), selaku eksekutor bola pinalti itu, berhasil memasukan bola ke gawang Kalimantan Timur yang dijaga Andry Fathur Robby (24), pada menit 77 paruh pertama.

Gol balasan tim tuan rumah itu lantas menjadi penyulut semangat bagi tim tuan rumah, untuk menambah gol demi gol. Hingga skor akhir pertandingan 5:1, atas kemenangan tim sepak bola PON Papua.

Di laga final, Papua akan berhadapan dengan Aceh. Dikutip dari Antara, pelatih kepala tim sepak bola putra Aceh Fakhri Husaini mengatakan kedisiplinan yang diperlihatkan para pemainnya menjadi salah satu kunci kemenangan yang mereka raih atas Jawa Timur dalam laga semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Menghadapi Jatim yang selalu menyapu bersih kemenangan di lima pertandingan sebelumnya, Aceh sukses menciptakan kejutan dengan mengunci kemenangan 2-1 di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura.

"Saya tonton tiga rekaman pertandingan mereka, kemudian tadi malam saya tonton rekaman pertandingan saat kami kalah lawan mereka 4-0 di uji coba," kata Fakhri selepas laga. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PON XX Papua
  3. Jayapura
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini