Ledakan penduduk mengancam Jawa Barat

Rabu, 18 November 2015 17:47 Reporter : Iman Herdiana
Ledakan penduduk mengancam Jawa Barat

Merdeka.com - Ledakan jumlah penduduk di Jawa Barat mengkhawatirkan. Diperkirakan jumlah penduduk Jabar pada 2050 mencapai 90 juta. Angka tersebut jika tidak diantisipasi, maka akan berdampak pada ketersediaan pangan.

“Kedaulatan pangan itu harus diselesaikan dulu hulunya, laju pertumbuhan penduduk Indonesia terlalu tinggi,” kata Kepala Pusat Studi Dinamika Pedesaan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia saat berbincang dengan Merdeka Bandung, Rabu (18/11).

Dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini 1,5 persen, double population akan terjadi dalam waktu 45 tahun ke depan. “Jadi 2060-an penduduk Indonesia akan menjadi 500 juta, kalau laju pertumbuhan penduduknya 1,5 persen,” ujarnya.

Laju pertumbuhan tersebut, kata dia, konsekuensinya lahan akan semakin menyempit, sementara kualitas SDM dan teknologi belum siap. Apalagi, jika sumber daya manusianya belum siap dalam menghadapi ledakan penduduk.

"Ya kita akan belepotan terus,” ujarnya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
  3. Jawa Barat
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini