Ledakan di laboratorium Unsyiah Aceh, dosen dan mahasiswi terluka

Senin, 17 Juli 2017 17:05 Reporter : Afif
Ilustrasi ledakan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ledakan terjadi di Laboratorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kimia, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), saat mahasiswa sedang melakukan penelitian skripsi berupa uji uap merkuri. Dosen pembimbing Prof Adlim dan Nurul Agustia, seorang mahasiswi semester delapan menjadi korban.

Sebelum terjadi ledakan, Adlim dan Nurul sedang melakukan pemasangan alat. Salah satu langkah penelitian adalah melakukan reaksi antara merkuri dan air.

Pada awalnya, reaksinya kecil, namun tanpa diduga konsentrasi merkurinya semakin besar hingga terjadilah ledakan. Sehingga mengakibatkan Adlim mengalami luka parah di tangan, telinga kanan, perut akibat ditembusi pecahan kaca tabung. Sedangkan matanya selamat karena menggunakan kacamata.

"Saat itu sedang set up alat, begitu saja, tiba-tiba terjadi ledakan," kata Nurul Agustia, Senin (17/7).

Ledakan terjadi sekira pukul 12.30 WIB. Kedua korban dievakuasi ke Rumah Sakit Princes Nayef bin Abdul Aziz, Unsyiah. Adlim harus menjalani rawat inap, sementara Nurul diperbolehkan pulang, karena hanya mengelami luka ringan di kepala.

"Belum bisa kita meminta keterangan detail kronologis kejadian, karena Prof Adlim masih dalam perawatan," jelas Kepala Laboratorium FKIP Kimia, Unsyiah.

Katanya, Adlim sekarang menjalani perawatan intensif yang ditangani dokter bedah. Pantauan merdeka.com, sejumlah kerabat, rekan dan keluarga Adlim datang menjenguk. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Ledakan Tabung Gas
  2. Aceh
  3. Banda Aceh
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.