Lawan Corona, Sultan HB X Minta Warga Gotong Royong seperti Saat Gempa Tahun 2006

Selasa, 28 April 2020 15:20 Reporter : Purnomo Edi
Lawan Corona, Sultan HB X Minta Warga Gotong Royong seperti Saat Gempa Tahun 2006 pertemuan sultan dengan raja belanda. ©instagram/kratonjogja

Merdeka.com - Raja Keraton Yogyakarta yang sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta masyarakat bekerja sama dan bergotong royong dalam menghadapi cobaan. Hal ini disampaikan Sultan HB X dalam program #SultanMenyapa Jilid 3, Selasa (28/4).

Sultan HB X menyebut jika generasi saat ini yang tengah berjuang melawan Corona akan menjadi generasi yang tahan uji.

"Memasuki Ramadhan 1441 Hijriyah beberapa hari lalu, saya khusus memberikan pesan kepada generasi penerus ketika saatnya nanti tiba. Saya yakin, generasi mereka yang tidak mengalami musibah dunia ini, tentu akan membanggakan generasi kita sebagai orang-orang yang tahan uji," ujar Sultan HB X.

"Karena menghadapi tantangan ini bersama-sama dan bergotong-royong dengan semangat golong gilig mewujudkan kembali Pancasila sebagai jati diri bangsa," imbuh Sultan HB X.

Sultan HB X mengingatkan kebersamaan dan gotong royong masyarakat dalam menghadapi corona ini seperti saat masyarakat Yogyakarta bersama-sama mengatasi bencana gempa bumi di tahun 2006.

Sultan HB X menyebut saat gempa bumi 2006, masyarakat bahu membahu tanpa memandang apa agama yang menolong maupun yang ditolong.

"Saat ini, seperti masa-masa gempa tahun 2006 lalu, kita melihat fenomena yang memberi harapan. Saat itu, para ulama, lintas agama bekerja sama membantu para korban tanpa menanyakan: 'Apa agamamu?'," tegas Sultan HB X.

"Terbukti, di hati nurani mereka yang paling dalam, selalu bersemi semangat toleransi antar umat beragama. Saat ini kita juga menyaksikan kisah-kisah mengharukan. Mereka bekerja sama dan saling berbagi," sambung Sultan HB X.

Sultan menyebut saat ini orang-orang saling membantu dan menjaga. Bahkan dunia bisnis pun diubah menjadi dunia pengabdian bagi kemanusiaan untuk sesama yang papa.

"Di bulan penuh keutamaan dan keistimewaan ini, semoga keberkahan dan kebahagiaan berada di sekitar kita," pungkas Sultan HB X. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini