Larang Reuni 212, Polda Metro Filterisasi Kendaraan di Pintu Masuk Jakarta

Rabu, 1 Desember 2021 14:55 Reporter : Henny Rachma Sari
Larang Reuni 212, Polda Metro Filterisasi Kendaraan di Pintu Masuk Jakarta Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo di Lapangan Silang Monas. ANTARA

Merdeka.com - Polda Metro Jaya resmi melarang kegiatan reuni aksi 212 di Jakarta. Masih dalam cengkraman Covid-19 jadi salah satu alasan izin keramaian tidak dikeluarkan.

Meski larangan dikeluarkan, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap menyiapkan langkah antisipasi kedatangan massa. Salah satunya dengan melakukan filterisasi terhadap seluruh kendaraan yang mengarah ke kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas di Jakarta Pusat, guna mengantisipasi kerumunan massa aksi 212.

"Kendaraan yang masuk ke Jakarta kita filterisasi. Artinya kendaraan masih bisa melintas kecuali untuk massa 212," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (1/12) seperti diberitakan Antara.

Sambodo mengatakan, aparat kepolisian berjaga di seluruh pintu masuk ke Jakarta, seperti di Jalan Kalimalang, Pasar Jumat, Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor, Batu Ceper, dan Jalan Daan Mogot.

Selain di sejumlah lokasi tersebut, filterisasi juga dilakukan di sejumlah titik yang mengarah ke Bundaran Patung Kuda dan Monas, seperti Jalan Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan MH. Thamrin.

Sementara itu, jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas ditutup, meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran, dan Jalan Museum.

Penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 Wib sampai Kamis (2/12) pukul 21.00 Wib.

"Lokasi yang akan ditutup adalah di seputar Patung Kuda dan Monas. Jadi, semua lokasi tersebut dinyatakan sebagai kawasan terbatas atau 'restricted area'," kata Sambodo.

Karena itu, polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas, yakni kendaraan dari arah Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda akan dibelokkan ke kiri atau ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih.

Kemudian, Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan akan diluruskan menuju Harmoni.

Kendaraan dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan atau Kedutaan Besar Amerika Serikat akan dialihkan menuju Jalan Juanda yang mengarah Gereja Katedral atau Masjid Istiqlal.

"Semua jalan sekitar Patung Kuda dan Monas tidak bisa dilewati, termasuk dari Harmoni akan dibelokkan ke Jalan Juanda. Begitu juga dari arah Tomang diluruskan atau belok ke kiri ke arah Kota Tua," kata dia.

Baca juga:
Polisi Tutup Jalan Patung Kuda-Monas Mulai Rabu Malam Cegah Kerumunan Massa Reuni 212
Tak Terbitkan Izin, Polisi Peringati Pihak yang Nekat Gelar Reuni 212 Bisa Dipidana
Reuni 212 Tak Diizinkan Digelar di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya
Polri Tegaskan Reuni 212 di Bogor Harus Mengantongi Izin
Wabup Bogor Ingatkan Reuni 212 Utamakan Protokol Kesehatan
Polda Metro Pastikan Reuni 212 Batal Digelar di Jakarta
Riza Nilai Reuni 212 di Ponpes Ustaz Arifin Ilham Lebih Aman & Tak Ganggu Ketertiban

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini