Lahir Normal dan Sehat, 2 Bayi Kembar 4 di Palembang Meninggal Dunia

Rabu, 11 September 2019 15:49 Reporter : Irwanto
Lahir Normal dan Sehat, 2 Bayi Kembar 4 di Palembang Meninggal Dunia Wanita lahirkan bayi kembar 4. ©2019 Merdeka.com/irwanto

Merdeka.com - Baru saja merasakan kebahagiaan setelah melahirkan bayi kembar empat, pasangan Kristina Andriyani (29) dan Yohannes Aprilianus Mahendra (31) harus dilanda duka. Dua dari empat bayi itu meninggal dunia karena paru-parunya belum mengembang.

Bayi yang meninggal satu laki-laki dan satu perempuan, yakni Anandivi Setevanu Purwanto yang lahir keempat dan Anandifa Setevia Purwanto yang lahir kedua. Anandifa meninggal dunia pada Selasa (10/9) pukul 19.15 WIB dan selang 15 menit kemudian disusul Anandivi.
Keduanya meninggal dunia dalam perawatan di ruang NICU Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Kristina mengaku syok mendengar kabar itu karena belum sempat melihat kedua bayinya itu setelah dilahirkan. Tadi pagi kedua jenazah bayinya sudah dibawa ke kampung halaman di Pulau Rimau, Banyuasin, untuk dimakamkan.

"Harapan saya semuanya tumbuh dewasa bersamaan, tapi saya ikhlas menerimanya. Saya berharap dua bayi saya yang lain selalu sehat," ungkap Kristina, Rabu (11/9).

Sementara itu, tim medis RSMH Palembang Dr Abarham Martadiansyah menjelaskan, kematian kedua bayi itu lantaran usia kandungan yang belum cukup bulan. Alhasil, paru-paru mereka belum berkembang sehingga pernapasan belum stabil.

"Bukan karena berat badan, tapi karena faktor kelahiran prematur, paru-paru mereka yang belum berkembang," ungkap Abarham.

Dijelaskannya, paru-paru dapat mengembang idealnya minimal usia janin 28 minggu dan semakin berfungsi dengan baik di usia 34 minggu. Sementara keempat bayi itu baru berusia dalam kandungan 29 minggu.

"Ini yang menjadi penyebab kematian keduanya. Kelahiran bayi-bayi itu sekitar tujuh bulan atau belum cukup bulan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kristina Andriyani melahirkan bayi kembar empat secara normal, dua putra dan dua putri. Kristina masuk RSMH Palembang, Minggu (8/9) sore dan melahirkan pada Senin (9/9) dini hari.

Bayi pertama lahir berjenis kelamin perempuan pukul 00.50 WIB dengan berat badan 900 gram dan panjang 38 centimeter. Selang sepuluh menit kemudian, bayi perempuan kedua lahir dengan berat badan 950 gram dan panjang badan 36 cm.

Pukul 01.02 WIB, bayi ketiga berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat badan 1.100 gram dan panjang 37 cm. Tiga menit kemudian, bayi keempat juga berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat badan 1.000 gram dan panjang 37 cm. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Bayi Kembar
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini