Lahan Seluas 50 Hektare di Indragiri Hulu Terbakar

Selasa, 8 Oktober 2019 14:37 Reporter : Abdullah Sani
Lahan Seluas 50 Hektare di Indragiri Hulu Terbakar Prajurit TNI dan BPBD padamkan kebakaran hutan di Kampar. ©AFP/Adek Berry

Merdeka.com - Lahan seluas 50 hektare di Desa Anak Talang, Batang Cenaku, Indragiri Hulu (Inhu), Riau terbakar. Saat ini, tim gabungan TNI dan Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Manggala Agni.

‎"Kebakaran 50 Ha di Batang Cenaku sudah sejak beberapa hari lalu sampai hari ini. Kita masih melakukan upaya pemadaman," ujar Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Selasa (8/10).

Sementara itu, Kapolres Inhu‎ AKBP Efrizal mengatakan, puluhan personel sudah diturunkan ke titik api lokasi karhutla.

"Ada 6 titik api di Inhu. Kita bersama TNI, BPBD dan Manggala Agni membagi tugas ke masing-masing titik api. Yang paling banyak di Batang Cenaku," ujar Efrizal saat dihubungi merdeka.com.

Polres Inhu mengerahkan 3 regu‎ untuk memadamkan api. Masing-masing regu ada 30 orang personel. Selain dari darat, Efrizal meminta bantuan helikopter untuk water bombing ke Satgas Udara.

"Ada dua helikopter yang melakukan water bombing atau bom air, mudah-mudahan segera padam," kata Efrizal.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mendeteksi adanya 12 titik panas di Riau. Dari jumlah itu, 8 titik di antaranya merupakan titik api kebakaran hutan dan lahan.

"12 titik panas tersebar di beberapa kabupaten, yakni Indragiri Hulu 9 titik, Bengkalis 1 titik, Kampar 1 titik, dan Kuansing 1 titik," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki.

Sedangkan titik api yang jumlahnya ada 8 titik, paling banyak terdeteksi di Indragiri Hulu sebanyak 6 titik. Lalu Kampar 1 titik dan Bengkalis 1 titik. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini