Kuota Gratis Pemerintah Bantu Ringankan Beban Orangtua Pelajar

Jumat, 6 November 2020 13:18 Reporter : Merdeka
Kuota Gratis Pemerintah Bantu Ringankan Beban Orangtua Pelajar Belajar di rumah. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Tiara Nur Cahyani, siswi sekolah SMKN 16 Jakarta menjadi salah satu dari jutaan penerima kuota data belajar gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kebudayaan). Bantuan ini diberikan mengingat pandemi Covid-19 memaksa pelajar di Tanah Air menjalani pembelajaran jarak jauh melalui internet.

Menurut Tiara, bantuan ini memiliki peran penting dalam kelancaran PJJ. Mengingat, aktivitas pembelajaran daring kerap membutuhkan banyak kuota internet. Belum lagi rumahnya yang tidak memiliki wifi.

"Kalau kita belajar online kan habisin kuota banget. Karena kayak video call aja. Beli kuota 2 giga paling cuma dua atau tiga hari aja. Makanya dengan adanya kuota gratis ini aku bersyukur banget, jumlah kuota enggak takut habis atau mati saat belajar," ujar Tiara saat berbincang.

Dia mengakui, sebelum adanya bantuan pemerintah. Maka, orangtuanya harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli tambahan kuota yang dipergunakan dalam sistem pembelajaran berbasis internet. Tentu ini menjadi beban tambahan di tengah pandemi Covid-19.

"Bersyukur banget deh dapet bantuan, orangtuaku kan wiraswasta dan jadi terbantu. Dulu aku nabung buat beli kuota, tapi lama-lama minta bantuan orangtua karena kan cepat habis. Paling isi beberapa giga enggak sampai sebulan," terangnya.

Lanjut Tiara, sebelum menerima kuota gratis. Dirinya terlebih dahulu dihubungi pihak sekolah untuk mendaftarkan nomor telepon yang dimiliki.

"Kalau aku dari sekolah yang urus. Tiba-tiba ada pesan: Selamat paket sekolah Kemendikbud telah aktif," tuntasnya.

Dirinya berharap program ini terus ada selama pandemi. Namun demikian, siswi 17 tahun ini menginginkan agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan kembali belajar di sekolah. "Pengennya sih belajar di ruang kelas. Enggak takut jaringan hilang. Semoga cepet deh bisa balik ke sekolah lagi," tuntasnya.

Untuk informasi, kuota data gratis digelontorkan Kemendikbud untuk seluruh jenjang pendidikan bagi siswa, guru, dosen hingga mahasiswa. Bantuan ini diberikan empat bulan mulai September hingga Desember 2020. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemendikbud
  3. Berita Kemendikbud
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini