Kuasa hukum Irman Gusman sebut KPK langgar hak gugatan praperadilan

Rabu, 2 November 2016 16:25 Reporter : Supriatin
Kuasa hukum Irman Gusman sebut KPK langgar hak gugatan praperadilan Irman Gusman ditahan KPK. ©2016 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Kuasa hukum Irman Gusman, Razman Nasution menilai langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan perkara terdakwa Irman Gusman ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat merupakan pelanggaran hak praperadilan. Karena pelimpahan itulah, gugatan praperadilan Irman Gusman di PN Jakarta Selatan digugurkan.

"Sekarang praperadilan dilanggar KPK, dibenarkan oleh peradilan. Jadi ini memang dikatakan tidak tolak, digugurkan, adu cepat (antara pelimpahan dan putusan praperadilan)," ujar Razman di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/11).

Menurut Razman, alasan mendasar KPK dianggap melanggar hak gugatan praperadilan adalah melimpahkan perkara Irman Gusman ke PN Jakarta Pusat tanpa persetujuan dari kuasa hukum. Dalam berkas pelimpahan perkara, kuasa hukum Irman Gusman tidak diberi hak untuk membubuhkan tanda tangan.

"Kami ditelepon bahwa perkara sudah dilimpahkan. Loh kami bilang, kami sedang praperadilan. Katanya yang penting kami sudah beritahu bapak. Loh tidak ada tandatangan, terus dibolehkan. Sementara orang jadi tersangka saja, untuk dia diperiksa wajib didampingi kuasa hukum," jelas Razman.

Kesal terhadap pelimpahan tersebut, Razman lantas menuding institusi KPK kini tidak serius menangani kasus korupsi. Bahkan, KPK dinilai melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap tersangka.

"Saya ketawa melihat ini, ini sebuah potret kekeliruan mendasar dalam penegak hukum. Hak-hak Pak Irman Gusman dilanggar berkali-kali," tandasnya.

Untuk diketahui, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, menggelar sidang putusan praperadilan mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman terkait kasus dugaan suap rekomendasi kuota distribusi gula impor di Sumatera Barat, Rabu (2/11).

Sidang yang dipimpin oleh hakim tunggal, I Wayan Karya menggugurkan gugatan permohonan praperadilan Irman Gusman. Dalam putusannya, I Wayan Karya berpendapat bahwa perkara terdakwa Irman Gusman telah dilimpahkan dan sudah mulai diperiksa atau disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

[sho]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini