KTT APEC Lahirkan Dokumen Putra Jaya Vision 2040 dan Kuala Lumpur Declaration

Jumat, 20 November 2020 22:44 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
KTT APEC Lahirkan Dokumen Putra Jaya Vision 2040 dan Kuala Lumpur Declaration Menlu Retno sambangi PBNU. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC), Jumat secara virtual (20/11). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, ada dua dokumen yang disahkan pada KTT APEC tahun ini. Pertama adalah APEC Putra Jaya vision 2040.

"Di dalam rangkaian KTT APEC tahun ini terdapat dua dokumen yang disahkan oleh para pemimpin APEC yaitu yang pertama teman-teman APEC Putra Jaya vision 2040 yang berfokus pada empat hal," katanya secara virtual di akun resmi sekretariat presiden, Jumat (20/11).

Empat hal tersebut diantaranya adalah pertama, penguatan sistem perdagangan dan investasi, kedua pengembangan Inovasi dan digitalisasi. Ketiga, memastikan ketahanan kawasan melalui pertumbuhan yang kuat dan berkualitas di kawasan APEC. Keempat, semangat penguatan kelembagaan APEC dan penetapan 2040 sebagai batas pencapaian visi APEC.

"APEC Putra Jaya vision 2040 merupakan kelanjutan dari Bogor goals yang telah mencapai tenggatnya pada tahun 2020 ini dan visi baru ini akan menjadi landasan menjadi landasan selanjutnya kerjasama APEC untuk 20 tahun ke depan," tuturnya.

Dokumen kedua adalah Kuala Lumpur Declaration. Dokumen itu secara umum menekankan komitmen pemimpin ekonomi APEC untuk segera bekerja sama dalam penanganan pandemi memulihkan ekonomi.

"Termasuk memanfaatkan peluang ekonomi ekonomi baru seperti ekonomi digital mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan inovatif," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini