KTT APEC di Bali dilengkapi jalur evakuasi dari ancaman teroris

Sabtu, 9 Maret 2013 12:08 Reporter : Wayan Anantara
Ilustrasi Teroris. ©shutterstock.com/Marijus Auruskevicius

Merdeka.com - Polda Bali menyiapkan jalur evakuasi untuk peserta KTT APEC yang bakal digelar di Nusa Dua, Badung, Oktober mendatang, jika sewaktu-waktu muncul ancaman terorisme dan bencana alam.

Direktur Lalulintas Polda Bali Kombes Pol Syamsul Bahri mengatakan, penyediaan jalur evakuasi menjadi fokus perhatian. "Ini untuk mengantisipasi ancaman teroris dan bencana," katanya di Denpasar, Sabtu (9/3).

Untuk ancaman teroris, peserta akan dievakuasi dari lokasi KTT APEC di Nusa Dua menuju markas Polda Bali dan Kodam IX Udayana di Denpasar sejauh kurang lebih 30 kilometer.

Sedangkan jika terjadi bencana seperti gempa bumi dan tsunami, jalur evakuasi yang dilewati yakni ke arah Pecatu atau Uluwatu. "Itu daerah tinggi yang paling dekat dari pantai," papar pria asal Aceh ini.

Prioritas lainnya adalah mengindentifikasi titik rawan macet di sepanjang rute yang akan dilalui peserta KTT APEC. "Bisa dibayangkan kalau jalan utama tersebut ditutup selama 3 jam seperti yang pernah terjadi pada saat kedatangan Presiden Amerika Barack Obama beberapa waktu lalu," ujarnya. [war]

Topik berita Terkait:
  1. Teroris Bali
  2. APEC
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.