'Kroto', panggilan sayang Soekarno buat Ratna Djuami

Minggu, 23 Juni 2013 15:41 Reporter : Mohamad Taufik
'Kroto', panggilan sayang Soekarno buat Ratna Djuami Buku Kuantar ke Gerbang.Ratna Djuami. ©2013 Merdeka.com/repro

Merdeka.com - Ratna Djuami diambil sebagai anak angkat oleh Soekarno-Inggit pada umur 40 hari, tepatnya Juni 1923. Dia anak dari pasangan Sumarta dan Murtasih. Murtasih adalah kakak dari Ibu Inggit Garnasih.

Seperti ditulis Ramadhan KH dalam bukunya berjudul: "Kuantar ke Gerbang". Inggit mengajak Soekarno menyambangi Murtasih yang baru saja melahirkan Ratna. Lama-lama Inggit kesengsem dengan anak itu, lalu meminta izin Soekarno untuk menjadikannya anak angkat.

Soekarno rupanya setuju. Kusno--demikian Inggit memanggil suaminya itu, nampak senang dan menaruh sayang kepada Ratna. Maklum, Soekarno, menurut Inggit juga suka kepada anak-anak kecil.

Pada hari-hari pertama anak yang baru saja dipungut dari kakaknya itu selalu rewel dan sakit-sakitan. Maka Soekarno kemudian mengubah namanya menjadi Ratna Djuami, yang sehari-hari dipanggil Omi.

"Namun ada-ada saja dengan suamiku itu, ia kadang-kadang memanggil anak kecil itu (Ratna) "Kroto" yang berarti anak semut. Entah mengapa ia menyebutnya demikian," kata Inggit.

Sejak saat itu Ratna selalu diasuh oleh Inggit dan Soekarno. Hampir setiap hari Ratna di bawa ke mana-mana, ke rapat-rapat, ke pertemuan-pertemuan, berkunjung ke rumah sahabat-sahabat. Pendeknya, anak perempuan itu menjadi segalanya.

"Rupanya Soekarno ingin melekatkan semua yang ada pada dirinya kepada diri anak perempuan itu. Anak itu menjadi penting di tengah-tengah suami-istri Soekarno, menjadi mutiara kami, menjadi sumber tenaga kami."

Ratna Djuami meninggal Minggu pagi tadi (23/6) di rumahnya, Kompleks Cibolerang D-34, Bandung, Jawa Barat. Dia meninggal di usai 90 tahun. Artinya, kini satu lagi saksi sejarah kehidupan Soekarno berkurang. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bung Karno
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini