Kronologis Penangkapan Anggota TNI yang Terlibat Peredaran 48 Ribu Pil Ekstasi

Selasa, 5 Maret 2019 10:39 Reporter : Merdeka
Kronologis Penangkapan Anggota TNI yang Terlibat Peredaran 48 Ribu Pil Ekstasi Ilustrasi borgol. shutterstock

Merdeka.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan 6 orang tersangka yang terlibat dalam penyelundupan 48.201 butir pil ekstasi. Narkotika tersebut diketahui dikirim dari Medan menuju Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

"BNN berhasil mengamankan 6 tersangka, salah satunya oknum TNI AD. Keenam tersangka tersebut berinisial SF, HN, HR, DD, Serda SM, dan AD," kata Kepala BNN Heru Winarko di Kantor BNN, Cawang, Jakarta, Selasa (5/3).

Penangkapan tersebut buah kerjasama antara BNN dengan Kodam Bukit Barisan dan Bea Cukai Sumatera Utara. Pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi soal rencana pengiriman ekstasi dari Medan melalui jalur darat.

Tersangka SF, HN, dan HR diamankan tim gabungan di depan Rumah Dinas Bupati Lubuk Linggau pada Minggu dini hari, tepatnya pukul 04.45 WIB (17/2).

"Tim gabungan berhasil mengamankan SF, HN, dan HR di depan Rumah Dinas Bupati Lubuk Linggau Jalan Jenderal Ahmad Yani Lintas Sumatera, Sumatera Selatan, pukul 04.45 WIB, Minggu. Saat dilakukan penangkapan, satu orang orang anggota sindikat berinisial AD berhasil melarikan diri," terang Komjen Pol. Heru.

Dari penangkapan pertama tersebut, tim gabungan kemudian mengembangkan kasus tersebut. Masih di hari yang sama tim gabungan kembali berhasil menangkap seorang tersangka lainnya.

"Di hari yang sama, tepatnya pukul 10.00 WIB, tim berhasil mengamankan seorang lainnya berinisial DD di Jalan Irian, Deli Serdang, Sumatera Utara," terangnya.

Dalam penangkapan yang kedua tersebut, tim berhasil menguak keterlibatan oknum TNI AD dalam sindikat tersebut. "Kepada petugas, DD mengaku diperintah oleh oknum TNI AD berinisial SM untuk memberikan ekstasi kepada SF, dkk," jelasnya.

Atas keterangan tersebut, BNN dan Kodam Bukit Barisan berhasil mengamankan Serda SM.

"Selanjutnya BNN berkoordinasi dengan Kodam Bukit Barisan dan berhasil mengamankan Serda SM di Jalan Raya Lintas Sumatera, Deli Serdang sekitar pukul 11.25 WIB. Kepada petugas DD mengaku masih memiliki ekstasi yang disimpannya atas perintah Serda SM," tutup Heru.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber : Liputan6.com [ray]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini