Kronologi Ledakan Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Rabu, 13 November 2019 11:37 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kronologi Ledakan Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Polisi olah tkp ledakan di polrestabes medan. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Bom bunuh diri meledak di halaman Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11). Pelaku awalnya datang ke Polrestabes sekira pukul 08.20 WIB.

Pelaku berjalan kaki masuk dari pintu depan penjagaan. Petugas jaga Bripda Kristian Simanjuntak meminta pelaku melepas jaket ojol yang dikenakannya.

"Pelaku mengaku akan membuat SKCK, dan selanjutnya pelaku berjalan menuju ke dalam halaman," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan.

Pelaku berjalan menuju ke arah depan kantor Bag Ops. Sampai di depan mobil dinas Kabag Ops pukul 08.35 WIB pelaku meledakkan diri.

Warga yang sedang mengurus SKCK seketika berhamburan keluar Mapolrestabes. Akibat ledakan tersebut, mengakibatkan empat polisi, satu karyawan serta satu mahasiswa terluka. Selain itu, empat kendaraan dinas termasuk dua truk rusak.

1 dari 4 halaman

Saksi Lihat Banyak Serpihan Benda Berserakan

Warga yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polrestabes Medan berhamburan menyelamatkan diri, saat terjadi ledakan, Rabu (13/11).

Lila, saksi mata di lokasi yang juga sedang mengurus SKCK melihat banyak serpihan benda berserakan usai terjadi ledakan.

"Tiba-tiba terdengar suara menggelegar, orang berhamburan. Saya lihat asap putih membumbung, dan semacam batu-batu berserakan," kata Lila kepada merdeka.com.

Warga Sidorejo, Langkat itu tiba di Polresta Medan sekira pukul 08.15 WIB. Lila lantas berhamburan keluar bersama warga lainnya.

2 dari 4 halaman

Benda Diduga Pelat Kendaraan Terlempar

Bom diduga bunuh diri meledak di halaman Polrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11). Saksi mata di lokasi, Andre (27) melihat benda menyerupai pelat kendaraan terlempar sejauh 50 meter.

"Ada semacam serpihan terlempar, kira-kira ukurannya hampir sebesar pelat," ujar Andre kepada merdeka.com.

Andre yang sehari-hari berjualan bubur ayam di dekat Polrestabes Medan mendengar suara ledakan sekali. Tidak lama setelah itu, warga berhamburan keluar dari Mapolrestabes.

Pantauan merdeka.com di lokasi, kondisi di sekitar Polrestabes masih ramai. Warga dan wartawan dilarang untuk masuk ke kompleks Polrestabes.

3 dari 4 halaman

Polisi Tandai Titik Samping Warung

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11).

Pantauan merdeka.com di lokasi kejadian, terlihat Kapolres Medan Kombes Pol Dadang Hartanto memantau sejumlah titik di luar Polres, termasuk di samping warung. Dadang menandai titik, kemudian memfotonya.

Belum diketahui pasti terkait penandaan titik tersebut. Wartawan belum bisa mendapat konfirmasi lantaran akses ke Polrestabes diperketat.

Selain itu, polisi menutup jalan menuju Mapolrestabes Medan. Ratusan polisi berjaga di sekitar lokasi.

4 dari 4 halaman

Densus 88 Dikerahkan

Terjadi ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolresta Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11). Ledakan terjadi sekira pukul 08.45 WIB.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, hingga saat ini polisi masih melakukan olah TKP.

"Ya betul, saat ini sedang dilaksanakan olah TKP oleh Densus dan Polda Sumut," kata Dedi kepada wartawan.

Dedi belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait peristiwa tersebut. "Menunggu hasil investigasi lebih lanjut," terangnya. [cob]

Baca juga:
Polisi Cek Kaitan Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan & Kelompok Teroris
Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Berjaket Ojol, Mengaku Membuat SKCK
Enam Orang Terluka Pascaledakan di Polrestabes Medan, 4 Polisi, 1 PHL & 1 Pemohon SKC
Polri Telusuri Pelaku Bom di Mapolrestabes Medan Masuk Jaringan Apa
Korban Tewas Bom di Mapolrestabes Medan Belum Dievakuasi, Polisi Sisir Warung
Ledakan Diduga Bom di Polrestabes Medan, Banyak Serpihan Benda Berserakan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini