KRI Banda Aceh latihan bersama US Navy di perairan Madura

Minggu, 27 Mei 2012 14:29 Reporter : Iqbal Fadil
KRI Banda Aceh latihan bersama US Navy di perairan Madura KRI Banda Aceh-593. merdeka.com/Dispen Kolinlamil TNI AL

Merdeka.com - TNI Angkatan Laut mengikutsertakan salah satu kapal perang dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banda Aceh-593 dalam latihan bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2012 yang akan digelar TNI AL dengan US Navy pada awal Juni 2012 mendatang.

Kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suratun ini, Jumat (25/5) telah bertolak dari dermaga Kolinlamil untuk melaksanakan pelayaran menuju Surabaya, guna mengikuti latihan bersama tersebut, setelah melaksanakan embarkasi beberapa peralatan marinir yang akan dipergunakan dalam latihan.

"Latihan bersama (Latma) CARAT merupakan program latihan rutin setiap satu tahun sekali yang digelar oleh TNI AL dan US Navy. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL mengenai doktrin peperangan laut, operasi amfibi, bhakti sosial dan penanggulangan  bencana alam. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antar Angkatan Laut kedua negara."

Demikian keterangan pers Kepala Dispen Kolinlamil Letkol Laut Maman Sulaeman yang diterima merdeka.com, Minggu (27/5).

Latma CARAT 2012 akan digelar di sekitar perairan Surabaya dan Madura dan pantai Banongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Latihan tersebut akan melibatkan beberapa komponen Angkatan Laut diantaranya Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Marinir, Kesehatan dan Pangkalan.

"Sedangkan dari pihak US Navy akan mengirimkan beberapa kapal perang, pasukan  marinir  dan  peralatan tempurnya, tim medis dan unsur-unsur maritim lainnya," pungkas Maman. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. TNI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini