KPU Serahkan Santunan Rp360 Juta ke 10 Ahli Waris Anggota KPPS di Bekasi

Jumat, 12 Juli 2019 13:47 Reporter : Adi Nugroho
KPU Serahkan Santunan Rp360 Juta ke 10 Ahli Waris Anggota KPPS di Bekasi Ilustrasi KPU. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyalurkan dana santunan kepada 10 ahli waris anggota KPPS yang meninggal dunia di Kota Bekasi pada Jumat (12/7). Setiap ahli waris menerima dana santunan sebesar Rp36 juta.

"Walaupun santunan ini tidak bisa mengembalikan atau menyamai berharganya kehadiran Almarhum, tetapi setidaknya ini menyambung silaturahim di antara kita sesama penyelenggara Pemilu," kata Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni di sela penyerahan secara simbolis di kantornya, Jalan Juanda, Bekasi Timur.

Nurul menyebut sebetulnya ada 14 orang yang bertugas di TPS meninggal dunia. Hanya saja berdasarkan petunjuk teknis, mereka yang mendapatkan santunan yaitu yang meninggal dunia mulai tahapan Pemilu pada April sampai 10 Mei.

"Sehingga empat orang lainnya yang juga meninggal pasca tanggal 10 Mei dapat santunan hanya dari Pemkot Bekasi, termasuk sedikit dari KPU Kota Bekasi," kata Nurul.

Nurul mengatakan, petugas KPPS yang meninggal beberapa di antaranya sudah memiliki riwayat sakit sebelumnya. Tapi tak bisa dipungkiri, pelaksanaan Pemilu dengan sistem hitung tanpa jeda, bisa menguras energi.

"Melakukan persiapan, distribusi, itu menguras energi dan pikiran sebelum Pemilu. Itu jadi salah satu sebab pemicu penyakit yang diderita muncul kembali dan kelelahan kronis," kata dia.

Salah satunya dialami oleh anggota KPPS di Kranji, Bekasi Barat, Solahudi yang mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Karena kelelahan, dia kecelakaan di Pekayon ketika mengantarkan anaknya ke Pesantren di Bogor. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini