KPU sebut tinggal 7 distrik di Yahukimo belum terima surat suara

Rabu, 9 Juli 2014 10:46 Reporter : Muhammad Sholeh
Distribusi logistik pilpres. ©AFP PHOTO/Aman Rochman

Merdeka.com - Pemilu Umum Presiden (Pilpres) hari ini digelar serentak di semua wilayah di seluruh Indonesia. Namun untuk beberapa wilayah di Yahukimo, Papua, belum bisa melaksanakan pencoblosan karena surat suara belum tiba di lokasi.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, dari 51 distrik di Kabupaten Yahukimo, Papua, surat suara baru terdistribusikan di 42 distrik dan sisanya 9 distrik belum sampai lokasi sejak semalam. Namun hingga hari ini, tinggal 7 distrik yang surat suaranya belum bisa didistribusikan.

"Yahukimo itu 51 distrik sampai tadi malam sudah kita distribusikan 42, sisa 9 lagi yang belum pagi tadi. Ini laporan baru, 2 sudah terkirim, tinggal 7 distrik yang belum sampai," kata Arief saat memantau TPS 12 di Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (9/7).

Arief menegaskan, sudah 49 distrik yang sudah menerima surat suara sehingga Pemilu dapat dilaksanakan hari ini. Untuk Yahukimo, kata Arief, kemungkinan ada perbedaan waktu dalam pencoblosan.

"Kalau di sini pagi, di sana (Yahukimo) sudah jam 12.00," katanya.

Adapun salah satu penyebab atau kendala pengiriman surat suara, diakui Arief karena faktor cuaca. Yang mana sejak pagi hingga pukul 10.00, kabut tebal masih menyelimuti daerah-daerah Yahukimo.

"Kita bisa terbang jam 10 pagi," tegasnya.

Arief menekankan, pihaknya jauh-jauh hari telah mengantisipasi keterlambatan pengiriman surat suara untuk wilayah Papua. KPU enggan dituding tidak mengambil langkah-langkah antisipasi untuk menangani kendala di Papua. Sebab, sejak Pemilu Legislatif yang lalu, persoalan distribusi logistik di Papua sama lambatnya dengan Pemilu Presiden hari ini.

"Sudah diantisipasi. Kan juga perlu keamanan dan kesiapan. Sebelum provinsi lain tiba, papua sudah tiba lebih dulu," tutupnya. [gib]

Topik berita Terkait:
  1. KPU
  2. Pilpres
  3. Pemilu 2014
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.