KPU Mulai Rakit 2.522 Kotak Suara untuk Pilkada Solo

Selasa, 17 November 2020 16:05 Reporter : Arie Sunaryo
KPU Mulai Rakit 2.522 Kotak Suara untuk Pilkada Solo Logistik kotak suara Pilkada Solo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mulai merakit sebanyak 2.552 kotak suara untuk Pilkada serentak, 9 Desember 2020. Mendekati pencoblosan, kotak suara berbahan dupleks ini akan didistribusikan ke 1.232 TPS yang tersebar di 5 kecamatan.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan, perakitan kotak suara tersebut melibatkan delapan orang. Mereka tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Hari ini kita mulai melakukan perakitan 2.522 kotak suara. Setelah selesai nanti akan kita distribusikan ke seluruh TPS yang ada di kota Solo," ujar Nurul, Selasa (17/11).

Mengingat pelaksanaan Pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, untuk pelipatan kotak suara tetap menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19.

"Target kami tiga hari selesai untuk merakit 2.522 kotak suara. Kalau tidak selesai kita akan menambah tenaga kerja. Yang terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan," terang dia.

Dalam penerapan protokol kesehatan, lanjut Nurul, para pekerja diukur suhu badan, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker sebelum masuk ke gudang KPU. Setelah itu, mereka harus mengambil jarak satu meter dengan pekerja lain. Semua ruangan gudang juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Jika kotak suara selesai semua dirakit kami akan memasukkan kertas suara di dalamnya. Namun untuk saat ini kertas suara masih di lipat di lokasi percetakan di Kudus," terangnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini