KPU minta KIP Aceh rekap ulang perolehan suara 13 kabupaten/kota

Jumat, 2 Mei 2014 17:41 Reporter : Afif
KPU minta KIP Aceh rekap ulang perolehan suara 13 kabupaten/kota Pemilu 2014. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Rekapitulasi perolehan suara untuk Aceh di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat harus dilakukan penundaan. Penundaan ini dikarenakan adanya data rekapitulasi perolehan suara yang harus dilakukan pencocokan kembali suara DPR RI untuk Dapil Aceh 1 dan Aceh 2 dengan Kabupaten/Kota untuk menyesuaikan dengan daftar pemilih, baik DPT, DPTb, DPK maupun DPKTb.

"Sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor: 354/KPTS/KPU/TAHUN 2014 dan dalam surat perintah KPU RI Nomor: 365/KPU/V/2014 tanggal 1 Mei 2014, kita diminta untuk mencocokkan kembali dengan hasil perolehan suara yang ada di Kabupaten/Kota," kata Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh,  Abdullah Mohd Jam, Jumat (2/5) pada merdeka.com.

Selain itu, kata Abdullah Mohd Jam, KIP Aceh juga diminta untuk berkoordinasi dengan badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh menyangkut dengan rekapitulasi perolehan suara, baik itu untuk DPR RI maupun untuk DPD RI asal pemilihan dari Aceh.

Kendati demikian, Abdullah menjelaskan, pencermatan dan pencocokan data tersebut tidak mempengaruhi suara caleg maupun partai politik, hal ini juga terjadi di banyak provinsi lain di luar Aceh.

Sedikitnya ada 13 Kabupaten/Kota yang harus dicocokkan data rekapitulasi perolehan suara sebagaimana diperintahkan oleh KPU Pusat sebagaimana yang tertuang dalam surat perintah tersebut. Diantarnya Kota Sabang, Banda Aceh, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, Lhokseumawe, Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Singkil, Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Simeulue.

"Saat ini KIP Aceh sedang melakukan pencermatan dan pencocokan data-data tersebut dan berkoordinasi dengan 13 kabupaten/kota itu," tukasnya.

Sedangkan KPU RI, lanjutnya, sudah menjadwalkan kembali kepada KIP Aceh untuk mempresentasikan pencermatan dan pencocokan data pemilih tersebut pada tanggal 3 Mei 2014 dalam rapat rekapitulasi tingkat nasional untuk pengesahannya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pemilu 2014
  3. KPU
  4. Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini