KPU Makassar Dapat Tambahan Rp6,2 Miliar untuk Honor Petugas dan Penambahan TPS

Kamis, 9 Juli 2020 15:09 Reporter : Salviah Ika Padmasari
KPU Makassar Dapat Tambahan Rp6,2 Miliar untuk Honor Petugas dan Penambahan TPS Ilustrasi Pemilu. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar mendapat tambahan anggaran sebesar Rp6,2 miliar dari Pemerintah Kota. Penandatanganan adendum tambahan anggaran oleh Penjabat (Pj) Walikota Makassar Rudy Djamaluddin, Kamis (9/7).

"Tadi selesai penandatanganan adendum tambahan anggaran Rp6,2 miliar yang diajukan KPU Makassar yang disetujui pemerintah Kota Makassar," kata Komisioner KPU Makassar divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Endang Sari.

Lebih jauh Endang menjelaskan, awalnya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Oktober 2019 lalu dengan total anggaran Rp78 miliar.

Kemudian, KPU Makassar mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp6,2 miliar untuk fokus pada penyesuaian honor penyelenggara adhoc sesuai standar SE Menteri Keuangan, juga untuk alokasi penambahan TPS.

Awalnya, pemetaan TPS maksimal 600 pemilih setiap TPS. Tapi karena ada wabah Covid-19, keluar aturan terbaru bahwa di TPS maksimal 500 pemilih sehingga TPS yang awalnya sebanyak 2.099 bertambah menjadi 2.390 TPS.

"Anggaran tambahan Rp6,2 miliar ini untuk penyesuaian seluruh honor adhoc dan penambahan TPS," terang Endang.

Ditambahkan, total NPHD Makassar untuk pemilihan serentak tahun 2020 adalah Rp84.264.000.000. Kalau soal anggaran Alat Pelindung Diri (APD) untuk penyelenggara, disiapkan dari APBN dan diturunkan langsung dari pusat. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini