KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi PT DI Atas Pengadaan Pesawat

Selasa, 19 Mei 2020 09:54 Reporter : Merdeka
KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi PT DI Atas Pengadaan Pesawat KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan pihaknya tengah mengusut kasus dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia (PT. DI). Diduga terjadi penyalahgunaan dalam pengadaan pesawat di perusahaan plat merah tersebut.

"Saat ini KPK sedang melakukan pengumpulan alat bukti terkait kasus di PT DI tersebut," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin, 18 Mei 2020 malam.

Ali menyatakan belum bisa menjelaskan secara detail kasus yang tengah diusut oleh tim lembaga antirasuah. Ali tak menampik lembaga yang kini dipimpin Komjen Firli Bahuri ini sudah menjerat pihak yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kami belum dapat mengumumkan detail kasus dan tersangka dalam kasus tersebut saat ini sesuai dengan kebijakan baru yang ditetapkan oleh pimpinan KPK," kata Ali.

Sejak lembaga antirasuah dipimpin oleh Komjen Firli Bahuri, kebijakan terkait pengumuman tersangka berubah. Ali menyatakan akan mengumumkan nama tersangka saat pihak yang harus bertanggungjawab sudah diamankan oleh tim penindakan.

"Kami akan mengumumkan tersangka saat penangkapan atau penahanan dilakukan. Kami berharap rekan-rekan wartawan dapat memahami kebijakan baru ini," kata Ali.

Berdasarkan informasi, KPK telah menjerat mantan Dirut PT Dirgantara Indonesia berinisial BS dan IRZ selaku Kepala Divisi Penjualan PT DI. Mereka dijerat sebagai tersangka sejak Maret 2020.

Meski demikian, KPK tak kunjung menyampaikan informasi mengenai perkara tersebut. Ali menyatakan pihak KPK masih mengumpulkan keterangan dan barang bukti (pulbaket). [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini