KPK tanggapi permohonan PK eks wali kota Makassar di PN Jaksel

Selasa, 22 September 2015 12:26 Reporter : Faiq Hidayat
KPK tanggapi permohonan PK eks wali kota Makassar di PN Jaksel Ilham Arief Sirajuddin ditahan KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Peninjauan Kembali tersebut atas putusan praperadilan kedua yang dimenangkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Iya hari ini agenda pembuktian dulu dari pemohon (Ilham), nanti kita lihat dulu juga buktinya apa, apakah surat edaran lagi seperti di sidang praperadilan pertama atau bukan," kata anggota biro hukum KPK, Rasamala Aritonang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/9).

Rasamala mengatakan, sidang PK ini mengagendakan pembuktian dari pihak Ilham selaku pemohon dan akan ditanggapi oleh KPK sebagai termohon. Namun sidang yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB ini belum juga dimulai. Hakim ketua Acmad Rivai yang memimpin sidang ini masih memimpin sidang praperadilan kasus PT Victoria Security Indonesia.

"Nanti tergantung situasinya, kalau buktinya perlu untuk ditanggapi maka kami tanggapi, lihat situasi nantilah. Tapi soal permohonan ya nanti kita siap tanggapi," kata Rasamala.

Pantauan di lokasi, Ilham Arief tiba di PN Jakarta Selatan sekitar pukul 10.00 WIB dengan mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye. Ilham langsung dibawa masuk ke dalam ruang tahanan untuk menunggu persidangan mulai.

Sebelumnya Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan kedua yang diajukan mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Pertimbangan hakim karena KPK telah memenuhi alat bukti untuk menetapkan Ilham sebagai tersangka dan sudah memenuhi alat bukti yang sah sesuai dengan KUHAP dan hukum acara yang berlaku.

Selain itu, Hakim juga menilai keputusan tersebut telah menimbang bahwa penyidik dan penyelidik KPK adalah sah.

Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan tersangka oleh KPK pada 7 Mei 2014. Ilham diduga melakukan tindakan korupsi kerjasama rehabilitasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012.

Baca juga:
Praperadilan ditolak, mantan wali kota Makassar ajukan PK
Eks Walkot Makassar ngeluh tak kunjung masuk persidangan
KPK panggil eks wali kota Makassar sebagai saksi korupsi PDAM
Kasus korupsi PDAM, KPK periksa bos & staf PT Traya Tirta Makassar
Usai diperiksa KPK, Bos PT Traya Tirta Makassar ini bergaya santai



[did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini