KPK sebut Muchtar Effendy bisa diseret ikut cuci uang Akil

Sabtu, 30 November 2013 12:13 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
KPK sebut Muchtar Effendy bisa diseret ikut cuci uang Akil Diskusi KPK. ©2013 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, tidak menutup kemungkinan pengusaha Muchtar Effendy dijerat dengan delik ikut bersama-sama melakukan tindak pidana pencucian uang bersama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Dia menambahkan, lembaga antikorupsi itu menduga Muchtar adalah pihak penampung dan pengolah uang hasil suap Akil Mochtar.

"Kalau dalam pencucian uang dia bisa menjadi bagian. Tapi kita belum keluarkan sprindik (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan). Kita harus kembangkan dulu. Berdasarkan pengembangan itu baru nanti diputuskan dinaikkan tahapannya atau sebagai saksi," kata Bambang kepada awak media usai memantau penyitaan mobil di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/11) malam.

Bambang berjanji proses penentuan status hukum Muchtar segera dilakukan. Menurut dia, jika cukup bukti, bukan tidak mungkin status hukum Muchtar meningkat.

"Nanti penyidik mengklarifikasi ke yang bersangkutan dan jika menemukan bukti permulaan cukup, baru ditentukan statusnya untuk ME ini. Mudah-mudahan penyidik dalam waktu segera melaporkan ke pimpinan," ujar Bambang. [has]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK Tangkap Ketua MK
  3. Akil Ditangkap
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini