KPK periksa orang dekat Sugiharto jadi saksi untuk tersangka Setnov

Selasa, 25 Juli 2017 11:22 Reporter : Yunita Amalia
KPK periksa orang dekat Sugiharto jadi saksi untuk tersangka Setnov Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Yosef Sumartono, orang kepercayaan terdakwa korupsi proyek e-KTP, Sugiharto, hari memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yosef diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto.

Kepala bagian informasi dan publikasi KPK, Priharsa Nugraha membenarkan pemanggilan Yosef hari ini. "Benar yang bersangkutan (Yosef Sumartono) diperiksa untuk tersangka SN," ujar Priharsa, Selasa (25/7).

Namun Priharsa tidak menjelaskan materi yang akan dikonfirmasi terhadap Yosef hari ini.

Sebelumnya, dalam persidangan korupsi proyek e-KTP dengan dua terdakwa Irman dan Sugiharto, terungkap bahwa Andi Agustinus mengutus adiknya, Vidi Gunawan mengantar uang diperuntukan kepada Sugiharto yang diteruskan ke Irman. Uang tersebut nantinya akan diteruskan kepada sejumlah anggota DPR di Komisi II selaku mitra Kementerian Dalam Negeri.

Kala itu, ada empat kali pemberian uang dari Andi melalui Vidi ke Sugiharto melalui Yosef Sumartono.

Pemberian pertama sebesar USD 500.00 di Cibubur Junction, pemberian kedua USD 400.000 di Holland Bakery, kemudian USD 400.000 lagi di Jalan Bangka Kemang, terakhir USD 200.000 di SPBU AURI, Pancoran, Jakarta Selatan.

Baik Vidi ataupun Yosef membenarkan dirinya telah menuntaskan permintaan Andi dan Sugiharto. Namun keduanya sama sama kompak tidak mengetahui maksud dan tujuan pemberian uang yang jika ditotalkan sebesar USD 1.5 juta itu. [msh]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini