KPK panggil eks wali kota Makassar sebagai saksi korupsi PDAM

Jumat, 4 September 2015 12:32 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
KPK panggil eks wali kota Makassar sebagai saksi korupsi PDAM Ilham Arief Sirajuddin ditahan KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - KPK kembali akan memeriksa mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin sebagai saksi terhadap tersangka Dirut PT Traya Tirta Makassar Hengky Widjaja dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi PDAM Makassar tahun anggaran 2006-2012.

Ilham yang telah ditahan sejak 10 Juli lalu sebagai tersangka akan diperiksa kembali sebagai saksi untuk tersangka Hengky Wijaya demi pengembangan kasus.

"Banyak agenda hari ini, salah satunya kembali memeriksa Ilham Arief sebagai saksi HW," kata Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andrianti di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (4/9).

Dalam kasus ini, Ilham dan Hengky disangkakan dalam pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 mengenai perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya dalam jabatan atau kedudukan sehingga dapat merugikan keuangan dan perekonomian negara dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun denda paling banyak Rp 1 miliar.

Bergulirnya pasal ini disangkakan sejak badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 8 November 2012 yang menyerahkan data hasil audit perusahaan milik Pemkot Makassar itu kepada KPK.

Seperti diketahui, dari hasil audit BPK ditemukan potensi kerugian negara dari kerja sama yang dilakukan PDAM dengan pihak swasta mencapai Rp 520 miliar. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini