KPK Ingatkan Penyelenggara Negara Tidak Terima Gratifikasi Saat Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 12:56 Reporter : Lia Harahap
KPK Ingatkan Penyelenggara Negara Tidak Terima Gratifikasi Saat Lebaran Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan agar pegawai negeri dan penyelenggara negara tidak menerima gratifikasi saat Hari Raya Lebaran. KPK telah menerbitkan surat edaran tentang imbauan pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan.

"Surat Edaran (SE) KPK No. B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 tanggal 8 Mei 2019 tersebut pada pokoknya mengimbau agar pegawai negeri dan penyelenggara negara tidak menerima gratifikasi terkait hari raya lebaran," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Jumat (10/5).

Febri berharap, nilai-nilai luhur dan tradisi untuk saling berbagi antara sesama khususnya pada hari raya agar tidak dijadikan alasan melakukan pemberian gratifikasi.

"Karena gratifikasi sangat mungkin 'menumpangi' peristiwa-peristiwa agama, adat istiadat atau bahkan peristiwa duka," ucap Febri.

Menurutnya, tindakan pertama yang diharapkan adalah menolak jika ada pihak-pihak yang dipandang memiliki hubungan jabatan dengan penyelenggara negara ingin memberikan gratifikasi.

Namun, kata dia, jika berada dalam kondisi tidak memungkinkan untuk menolak seperti pemberian dilakukan secara tidak langsung atau ada risiko-risiko lain, maka penerimaan gratifikasi tersebut wajib dilaporkan pada KPK.

"Dalam jangka waktu 30 hari sejak tanggal penerimaan gratifikasi," kata Febri. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. Gratifikasi
  3. Jakarta
  4. Lebaran 2019
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini