KPK Gelar 21 Operasi Tangkap Tangan Sepanjang 2019

Senin, 27 Juli 2020 18:08 Reporter : Merdeka
KPK Gelar 21 Operasi Tangkap Tangan Sepanjang 2019 KPK. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis Laporan Tahunan (Laptah) 2019. Berdasarkan laporan tersebut, KPK berhasil melakukan 21 Operasi Tangkap Tangan (OTT) di 14 daerah yang menjerat 76 orang.

"Operasi ini telah dilakukan sebanyak 21 kali di 14 daerah. Sebanyak 76 orang terjerat dengan barang bukti kejahatan berupa uang tunai dari berbagai mata uang," demikian dikutip dari Laptah KPK 2019, Senin (27/7).

Dalam keseluruhan OTT tersebut, KPK berhasil menyita barang bukti berupa uang dengan berbagai mata uang. Antara lain berjumlah Rp 12,8 miliar, USD 35 ribu, SGD 576 ribu, Euro 5, RM 407, dan Riyal 500.

Ke-76 tersangka yang telah ditetapkan berasal dari berbagai unsur. Yakni pihak swasta sebanyak 34 orang, PNS 17 orang, BUMN/BUMD 5 orang, tiga orang dari unsur lainnya, 2 pengacara, serta masing-masing satu orang dari unsur DPR, Gubernur, Bupati, Hakim, Jaksa, dan Wali Kota.

1 dari 1 halaman

Adapun rincian perkara yang berhasil terungkap pasca OTT dilakukan terkait dengan suap proyek (8 perkara), suap jabatan (3 perkara), suap Pengadaan Barang dan Jasa atau PBJ (3 perkara), suap perizinan (3 perkara), dan suap penanganan perkara (2 perkara).

Selain melakukan OTT, dalam laptah tersebut juga diterangkan KPK berhasil menetapkan 70 tersangka yang berasal dari pengembangan perkara kasus-kasus sebelumnya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, peluncuran Laptah 2019 tersebut merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban KPK terhadap masyarakat. Karena, menurut Alex, kinerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK tidak akan berarti tanpa peran serta masyarakat.

"Kami menyadari betul dukungan dari masyarakat yang menyebabkan KPK tetap eksis hingga saat ini. Oleh karena itu tidak ada salahnya kami menyampaikan laporan pertanggungjawaban KPK ini kepada masyarakat," kata Alex.

Reporter: Fachrur Rozie [ray]

Baca juga:
Personel KPK Sempat Alami Ancaman Mistis saat Bertugas di Jatiluhur
KPK Catat 76 Tersangka Ditangkap dalam OTT Selama 2019
KPK Lakukan Penyelidikan di Jember dan Periksa Sejumlah Pejabat Pemkab
KPK Tengah Selidiki Dugaan Korupsi di Jember
Ketua KPK Firli: Korupsi Dana Bencana Hukumannya Mati

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini