KPK diminta usut dugaan korupsi bupati Situbondo

Senin, 18 Februari 2013 14:12 Reporter : Putri Artika R
Demo. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Garansi) siang ini melakukan aksi demo di depan Gedung KPK Jalan Rasuna Said Jakarta. Para demonstran yang berjumlah ratusan menuntut lembaga anti korupsi itu mengusut dugaan korupsi yang dilakukan Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto.

Dadang diduga menerima gratifikasi sebuah mobil jenis Nissan X-Trail dari PT Mecusuar Pasir Putih. Gratifikasi itu diberikan dalam rangka memuluskan pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan kawasan pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo.

"Kita sudah menyerahkan data-data dan bukti-bukti yang valid dugaan gratifikasi Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto karena diduga kuat telah menerima sebuah mobil Nisan X-Trail," ujar orator Garansi, Agus, Senin (18/2).

Selain itu, Bupati Situbondo Dadang juga dilaporkan melakukan tindak pidana korupsi terkait penggelontoran dana pendidikan sebesar Rp 50 miliar.

"Dia (Dadang) telah melakukan gratifikasi berjamah. Usut tuntas dugaan kongkalikong Bupati Situbondo, perusahaan daerah pasir putih dan PT Mercusuar Pasir Putih," imbuhnya.

Aksi demonstran Garansi yang berjumlah ratusan itu sempat membuat macet Jalan Rasuna Said Kuningan menuju Mampang. Belasan polisi tampak mengalihkan kendaraan dari jalur lambat ke jalur cepat.

Setelah demonstran bubar, jalur kembali normal. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.