KPK dan Polda Sulut kerja sama tangkap buronan kasus penerangan jalan umum di Manado

Selasa, 9 Januari 2018 16:15 Reporter : Yunita Amalia
KPK dan Polda Sulut kerja sama tangkap buronan kasus penerangan jalan umum di Manado Juru Bicara KPK Febri Diansyah. ©2017 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan koordinasi dan supervisi dengan Polda Sulawesi Utara (Sulut) terkait penindakan terhadap tersangka pengadaan sarana dan prasarana penerangan jalan umum sistem solar cell pada Dinas Tata Kota Manado Tahun 2014, Johan Benny Mailangkay. Mantan kepala dinas tata kota Pemkot Manado itu ditangkap hari ini setelah sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) Polda Sulut.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan Johan diburu sejak menjadi DPO September 2017 lalu. Selama mencari keberadaan Johan, pihaknya juga bekerjasama dengan Polda Sulut, dan Polres Tangerang Selatan.

"Tersangka ditangkap di kediamannya di Bintaro Tangerang Selatan. Kegiatan penangkapan merupakan sinergi antara Polda Sulut, KPK, serta Polres Tangerang Selatan," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah, Selasa (9/1).

Dia menjelaskan, penyidikan perkara tersebut sudah dilakukan Polda Sulut sejak tahun 2016 lalu, kemudian pada September 2017 lalu, penanganan perkara mulai disupervisi KPK. Dari kasus tersebut, ujar Febri, negara merugikan Rp 3,1 miliar.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, Johan akan diberangkatkan ke Sulut. Sebelumnya, yang bersangkutan terlebih dahulu dibawa ke Polres Tangerang Selatan untuk pemeriksaan kesehatan.

"JBM disangka melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang No 31 Tahun 1999 Jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP yang diduga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,1 miliar," ujarnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini