KPK Benarkan Ada 75 Pegawai Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan Menjadi ASN

Rabu, 5 Mei 2021 18:03 Reporter : Merdeka
KPK Benarkan Ada 75 Pegawai Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan Menjadi ASN Nurul Ghufron. ©2019 Merdeka.com/M Permana

Merdeka.com - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan bahwa tidak semua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lulus tes wawasan kebangsaan atau TWK. Diketahui tes ini dilakukan sebagai amanat beleid baru KPK nomor 19 tahun 2019 dalam pasal alihfungsi pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Dari hasil asesmen TWK ini sebagaimana tadi siang kami buka ada dua kesimpulan, A) memenuhi syarat atau MS, dan B) tidak memenuhi syarat atau TMS," kata Nurul saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/5).

Nurul melanjutkan, dari total peserta tes sebanyak 1.351 orang, diketahui 75 orang dinyatakan TMS. Sedangkan sisanya dinyatakan MS.

"Kami umumkan terhadap 1351 pegawai KPK yang mengikuti tes, hasilnya pegawai MS sebanyak 1274 orang dan pegawai TMS sebanyak 75 orang," jelas Nurul.

Terkait para pegawai yang dinyatakan TMS, ditambahkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa, belum ada wacana pemecatan terhadap mereka. Menurutnya, mereka yang dinyatakan TMS akan diserahkan kepada Kementerian PAN RB dan BKN RI.

"Selama belum ada keputusan lebih lanjut KPK tidak akan berhentikan pegawai yang dinyatakan TMS," katanya.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini