Koruptor Kasus Surat Perintah Pencairan Proyek Fiktif Dieksekusi ke Rutan Salemba

Senin, 16 November 2020 12:26 Reporter : Bachtiarudin Alam
Koruptor Kasus Surat Perintah Pencairan Proyek Fiktif Dieksekusi ke Rutan Salemba ilustrasi korupsi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Terpidana kasus korupsi Agus Imam Subegjo dieksekusi dan jalani hukuman di Lapas Salemba, Jakarta Pusat. Sebagaimana Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1985/K/Pid.Sus/2012 tanggal 22 November 2012 yang berkekuatan hukum tetap.

"Setelah sampai di Jakarta pada Jumat (13/11) malam sekira pukul 22.00 WIB dan selanjutnya langsung dieksekusi ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba Jakarta Pusat," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Riono Budisantoso dalam keterangannya, Senin (16/11).

Riono menjelaskan, Agus Imam Subegjo merupakan terpidana kasus Surat Perintah Membayar (SPM) Proyek Fiktif pada Satuan Kerja Nonvertikal tertentu Pengadaan Bahan/Peralatan Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum tahun 2008, hingga merugikan keuangan negara mencapai Rp8,8 miliar.

"Atas perbuatanya, terpidana pun telah diputus dan dinyatakan bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dalam dakwaan subsidiair Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dengan dijatuhi hukuman pidana selama dua tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta subsidiair tiga bulan kurungan," jelasnya.

Sebelumnya, Agus Imam Subegjo yang telah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan dinyatakan buron, pun telah berhasil dibekuk oleh Tim Tabur Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta bersama Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang di wilayah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (13/11).

"Setelah diketahui keberadaan Terdakwa di sekitar Jalan poros Ambarawa, Magelang dan Yogyakarta. Tim Tabur pun berhasil menangkap dan mengamankan yang bersangkutan tanpa perlawanan di wilayah Kabupaten Magelang," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Kasus Korupsi Agus Imam Subegjo...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini