Korupsi vaksin meningitis, 2 dokter terancam 10 tahun penjara

Rabu, 16 Oktober 2013 16:27 Reporter : Abdullah Sani
Korupsi vaksin meningitis, 2 dokter terancam 10 tahun penjara Ilustrasi vaksin. ©Shutterstock.com/baitong333

Merdeka.com - Dua dokter di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru, Mariane Donse dan Suwigno, yang menjadi terdakwa pengelembungan harga vaksin meningitis, mulai disidangkan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Rabu (16/10).

Keduanya dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Ibrahim Sitompul dan Dicky, di kursi pesakitan. Peradilan keduanya dipimpin Isnurul S Arif, dibantu dua hakim yaitu Krosbin Lumban Gaol dan Suryadi.

Di depan Majelis Hakim, Ibrahim menjelaskan, dua terdakwa diduga melakukan korupsi antara Januari 2011 sampai Desember 2011 serta Januari 2012 sampai Juli 2012.

Masa itu, KKP Pekanbaru memberikan vaksin meningitis bagi setiap calon jemaah umroh. Dari dua tahun itu, ada 6 ribu lebih jemaah yang akan berangkat ke Mekkah.

"Keduanya, atas perintah Kepala KKP, Iskandar (disidang dalam berkas terpisah) menaikkan harga vaksin dari harga normal. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu," kata Ibrahim.

Dengan perintah itu, Mariane sebagai Kasi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah dan Suwigno sebagai pejabat fungsional, memaksa jemaah umroh untuk membayar vaksin dengan harga tersebut.

"Alasan terdakwa meminta bayaran lebih, sebagai upaya anggaran subsidi silang, jika vaksin meningitis itu kosong atau tidak lagi diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan," jelas Ibrahim.

Kenyataannya, tegas Ibrahim, pemungutan biaya lebih merupakan upaya tersangka untuk mendapatkan keuntungan dari dana vaksin yang dibayarkan ribuan jemaah. Berdasarkan hasil audit, negara dirugikan Rp 759.300.000.

Atas perbuatan itu, keduanya dijerat JPU dengan pasal 12 huruf e Undang Undang (UU) nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke 1. Dengan ancaman 10 tahun penjara. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
  3. Meningitis
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini