Korupsi Dana BOS, Mantan Kepala SDN di Palembang Ditangkap Usai Buron Setahun

Rabu, 15 September 2021 19:52 Reporter : Irwanto
Korupsi Dana BOS, Mantan Kepala SDN di Palembang Ditangkap Usai Buron Setahun Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Seorang wanita inisial ND (56), ditangkap tim Tangkap Buronan (Tabur) dari Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, dan Kejaksaan Negeri Palembang, karena melakukan dugaan tindak pidana korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dia masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena melarikan diri setelah ditetapkan tersangka.

Penangkapan tersangka di sebuah rumah tempat persembunyiannya di Perumahan Bukit Indah Residence, Pangkalan Balai, Banyuasin, Sumsel, Selasa (14/9) malam. Selanjutnya tersangka dibawa ke kantor Kejari Palembang untuk proses lebih lanjut.

Kasi Penkum Kejati Sumsel Khaidirman mengungkapkan, pihaknya turut melakukan penangkapan terhadap tersangka dan kasus hukumnya diproses Kejari Palembang.

"Benar, tersangka adalah DPO Kejari Palembang," ungkap Khaidirman, Rabu (15/9).

Tersangka merupakan mantan Kepala SD Negeri 79 Palembang. Saat menjabat, dia diduga melakukan korupsi dana BOS bersumber dari APBN 2019 triwulan II sekitar Rp40 juta dan triwulan III sebesar Rp560 juta.

"Setelah ditingkatkan menjadi penyidikan, tersangka menghilang dan diterbitkan DPO," ujarnya.

Selama 20 hari ke depan, tersangka dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Palembang sambil berkasnya lengkap untuk diserahkan ke pengadilan. Penyidik menggunakan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tipikor dengan ancaman minimal empat tahun penjara. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
  3. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini