Korlantas Polri Rancang Skema Mudik 2020 Sambil Tunggu Keputusan Pemerintah

Kamis, 26 Maret 2020 15:49 Reporter : Nur Habibie
Korlantas Polri Rancang Skema Mudik 2020 Sambil Tunggu Keputusan Pemerintah macet mudik 2016. ©Twitter

Merdeka.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang merancang dan menyiapkan skema arus mudik 2020. Meskipun hingga saat ini, belum ada keputusan pemerintah apakah kegiatan mudik tetap boleh dilakukan saat Indonesia dilanda wabah corona atau covid-19.

"Tunggu keputusan pemerintah saja. Skenario itu kita susun, apakah mudik 2020 ini imbauan atau larangan," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat dihubungi, Jakarta, Kamis (26/3).

Sejauh ini, kata dia, Korlantas masih mengacu maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis yakni membubarkan serta melarang masyarakat untuk berkumpul demi mencegah penyebaran virus corona.

"Yang jelas, Polri telah melaksanakan maklumat kapolri tentang larangan berkerumun pencegahan virus Covid-19," tegasnya.

Mantan Kapolda Babel ini pun menjelaskan, maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri tersebut berlaku untuk seluruh wilayah atau daerah di Indonesia.

"Iya, (berlaku) di seluruh Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, Kemenhub masih membahas bersama Polri keputusan memungkinkan atau tidak melakukan mudik 2020.

"Masih dalam pembahasan kita dengan Korlantas Polri," ujar Budi.

Namun demikian, Kemenhub berupaya tetap memberikan imbauan agar tahun ini masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik untuk memutus mata rantai sebaran virus corona. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini