Korban Tergulung Ombak di Pantai Selatan Garut Ditemukan Meninggal

Senin, 13 Januari 2020 15:33 Reporter : Mochammad Iqbal
Korban Tergulung Ombak di Pantai Selatan Garut Ditemukan Meninggal Korban tenggelam di Garut. ©2020 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Rusnita alias Bojes (20) warga Tangerang, Banten yang sempat hilang usai terbawa arus laut di Pantai Cibaluk/Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut pada Minggu (12/1) akhirnya ditemukan pada Senin (13/1). Rusnita ditemukan dalam kondisi meninggal dunia oleh tim SAR gabungan.

Danramil Pameungpeuk, Kapten Inf Udin menyebut bahwa Rusnita ditemukan di sekitar pesisir Pantai Cibaluk/Cijeruk.

"Ditemukan oleh warga nelayan yang memang ikut melakukan proses pencarian bersama TNI, Polri, Basarnas, dan unsur lainnya. Ditemukannya dalam kondisi sudah meninggal dunia," ujarnya.

Sebelum ditemukan, Danramil menyebut bahwa pihaknya bersama tim SAR gabungan sempat melakukan penyisiran di sekitar pantai dan perairan pada Minggu hingga menjelang malam.

"Saat ini korban sudah dibawa ke Puskesmas Cibalong sebelum kemudian dibawa oleh pihak keluarga ke rumah duka. Yang korban kemarin, kemarin sore sudah dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan dan dikebumikan," katanya.

1 dari 1 halaman

Bupati Garut Akan Tutup Pantai Cibaluk

Menyikapi tewasnya tiga orang wisatawan asal Tangerang Banten di Pantai Cibaluk/Cijeruk, Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan akan menutup tempat tersebut sebagai tempat wisata. Ia menyebut bahwa lokasi tersebut memang berbahaya bagi keselamatan wisatawan bahkan masyarakat setempat saat melakukan aktivitas di air.

"Saya akan tutup karena di sana itu ada spot berbahaya. Selain itu juga lokasi tersebut minim pengamanan atau petugas. Pantai Cijeruk sendiri merupakan daerah yang kewenangannya oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang selama ini sering ramai dikunjungi wisatawan," ungkapnya.

Rudy meminta agar BKSDA tidak membuka pantai tersebut untuk umum karena khawatir malah akan membahayakan jiwa wisatawan saat melakukan aktivitas di sekitar pantai. Selain itu juga ia mengingatkan masyarakat dan wisatawan agar tidak datang apalagi sampai berenang di Pantai Cibaluk/Cijeruk karena ombaknya bisa menyeret orang ke tengah laut.

"Kita berharap selama waktu penutupan itu ada evaluasi antara pemerintah daerah dengan BKSDA untuk mencari solusi agar tidak ada lagi korban jiwa di Pantai Cijeruk. Jadi kita tutup dulu, dibuka setelah ada pengamanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan menyebut bahwa di objek wisata di Pantai Cijeruk memang tidak ada petugas penyelamat atau Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) yang siaga.

"Dengan adanya kejadian ini, kita secepatnya akan menyiagakan petugas Balawista untuk mengawasi dan menyelamatkan wisatawan bila ada yang kecelakaan di laut," katanya. [ray]

Baca juga:
Seorang Ibu Meninggal Saat Selamatkan Anak Tenggelam di Pantai Pariaman
Tergulung Ombak Pantai Selatan Garut, Dua Warga Tangerang Tewas Tenggelam
Terpeleset Saat Menyelamatkan Diri, Satu Warga Grobogan Meninggal Terseret Banjir
WN Perancis Ditemukan Tewas di Kolam Renang Villa Kuta
WNA Kolumbia Hilang Saat Berenang di Pantai Kuta
Bocah 11 Tahun di Bekasi Tewas Terseret Arus Saat Banjir

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tewas Tenggelam
  3. Garut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini