Korban Meninggal Gempa Maluku Bertambah Menjadi 39 Orang

Selasa, 8 Oktober 2019 12:42 Reporter : Merdeka
Korban Meninggal Gempa Maluku Bertambah Menjadi 39 Orang Gempa Ambon. ©2019 Handout / BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA / AFP

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut korban jiwa akibat gempa Maluku bertambah dari 38 menjadi 39 orang. Sementara, korban yang mengalami luka berat hingga ringan totalnya 1.578 orang.

"Sampai dengan data tadi malam, korban jiwa meninggal 39 jiwa. Korban luka-luka berat dan sedang ringan, 1578. Pengungsi 170.900 jiwa," kata Doni di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Doni mengatakan berdasarkan data terbaru, total 6.335 rumah yang mengalami kerusakan. Jumlah itu terdiri dari rumah dengan kerusakan berat, sedang, hingga ringan.

"Untuk rumah rusak berat mencapai 1.273. Rusak sedang 1.837, rusak ringan 3.245," jelasnya.

Selain rumah, terdapat 512 unit fasilitas umum dan fasilitas sosial yang juga rusak akibat gempa Maluku. Doni mengaku diperintahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kembali meninjau lokasi gempa di Ambon, Papua.

"Sejak 26 September lalu, belum 24 jam (gempa), saya sudah ke Ambon untuk pastikan penanganan berjalan maksimal. Kami pastikan semua proses penanganan bencana bisa terlaksana dengan baik," ujar Doni.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,8 mengguncang Ambon, Maluku pada hari ini, Kamis 26 September 2019. Kedalaman lindu 10 kilometer.

Pantauan Liputan6.com di lokasi gempa, sejumlah bangunan tampak rusak. Antara lain di Pasar Apung, Desa Pelauw Kecamatan Pulau Haraku, Kabupaten Maluku Tengah.

Tak hanya itu, dinding Gedung Rektorat IAIN Ambon juga ambruk dan menimpa sebuah mobil yang ada di bawahnya. Menurut informasi, dua pegawai kampus menjadi korban, dan kini sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Kampus Unpatti yang berlokasi di Jalan Putuhena juga mengalami kerusakan, sejumlah plafon ruangan kelas ambruk diguncang gempa.

Reporter: Lizsa Egeham [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini