Korban Banjir Tahunan di Tanah Bumbu Kalsel Bakal Direlokasi

Minggu, 16 Mei 2021 10:06 Reporter : Ya'cob Billiocta
Korban Banjir Tahunan di Tanah Bumbu Kalsel Bakal Direlokasi . ©2021 ANTARA/Firman

Merdeka.com - Sejumlah warga Sinar Bulan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menjadi langganan banjir tahunan. Mereka akan diungsikan serta direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais di Batulicin mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Sinar Bulan, Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, merupakan banjir yang terjadi hampir setiap tahun.

Jadi, kata dia, hampir setiap tahun, sekitar 58 kepala keluarga Desa Sinar Bulan tersebut mengungsi untuk menghindari banjir yang terjadi di desa mereka.

"Kemarin Bapak Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar turun langsung ke lapangan, dan wawancara dengan pengungsi, yang intinya mereka siap untuk direlokasi," kata Eryanto kepada wartawan, Minggu (16/5). Dikutip dari Antara.

Relokasi tersebut, ujar dia, khusus bagi sekitar 58 kepala keluarga yang kini mengungsi di SMP IV Satui.

Menurut Eryanto, hampir setiap tahun rumah ke-58 kepala keluarga tersebut selalu terendam banjir, sehingga perlu ada solusi jangka panjang, salah satunya adalah relokasi, sehingga di masa mendatang, peristiwa seperti ini tidak terulang.

Rencananya, 58 kepala keluarga tersebut direlokasi tetap di daerah Desa Sinar Bulan, namun di lokasi yang lebih tinggi, seperti di sekitar sekolah tempat mereka mengungsi saat ini.

"Nanti melalui kepala desa, rencana tersebut akan ditindaklanjuti, termasuk rencana untuk mencari lahan yang tepat yang bebas banjir. Setelah itu, baru dipersiapkan pembangunan rumahnya," katanya.

Diharapkan, seluruh warga yang akan direlokasi nantinya membuat surat pernyataan bersedia pindah dari lokasi tempat tinggal mereka saat ini ke lokasi baru.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Tanah Bumbu mencatat sebanyak 5.308 jiwa terdampak banjir dan 268 jiwa mengungsi akibat banjir yang melanda enam desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Enam desa tersebut, yaitu, Desa Sinar Bulan, Satui Barat, Satui Timur, Jombang, Sungai Danau dan Desa Sejahtera.

Dari enam desa yang terdampak tersebut, Desa Sinar Bulan dan Sungai Danau yang paling parah dilanda banjir, sehingga warga dari dua desa tersebut, terpaksa harus mengungsi.

Pengungsi dari Sinar Bulan sebanyak 58 kepala keluarga terdiri dari 212 jiwa dan dari Sungai Danau sebanyak 36 kk atau 56 jiwa. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini