Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 Varian B117, 30 Warga Palembang Diperiksa

Selasa, 9 Maret 2021 15:21 Reporter : Irwanto
Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 Varian B117, 30 Warga Palembang Diperiksa Corona. Unsplash ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 30 warga Palembang menjalani pemeriksaan karena kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19 varian B117. Sampel yang diambil dari mereka tengah diperiksa di Balitbang Kemenkes.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Fery Yanuar mengungkapkan, 30 warga itu diperiksa berdasarkan hasil tracing sejak kasus ditemukan. Sementara itu pasien yang terpapar sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes swab PCR.

"Kami sedang periksa 30 orang yang kontak erat untuk mengetahui penyebaran dari virus itu. Sampelnya sedang diperiksa Balitbangkes Kemenkes," ungkap Fery, Selasa (9/3).

Pengambilan dan pemeriksaan sampel pasien yang terpapar virus mutasi itu sudah dilakukan akhir tahun lalu. Hanya hal itu baru terpublikasi sekarang lantaran harus melalui tahapan pemeriksaan untuk memastikan jenis variannya.

"Ketika itu, pasien tetap sehat dan tidak bergejala, hanya kemampuan penciuman sempat hilang," kata dia.

Hingga saat ini, lanjut Fery, pihaknya belum mengetahui sumber penularan B117 yang diderita warga Sumsel. Penelusuran masih dilakukan untuk mengetahui asal muasalnya.

"Masih diselidiki dari mana pasien itu tertular Covid-19 jenis baru, belum diketahui," ujarnya.

Meski ada kasus baru, pihaknya mengimbau masyarakat tidak panik. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan secara disiplin dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Jangan takut divaksin karena aman. Semakin banyak orang divaksin maka semakin banyak pula orang yang memiliki kekebalan tubuh, otomatis risiko penularan diminimalisir," pungkasnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini