KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Konstruksi anti abrasi Hotel Mulia Bali ancam rusak pura

Jumat, 4 Januari 2013 04:05 Reporter : Wayan Anantara
bali pura. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - DPRD Bali dibuat meradang oleh pembangunan krib atau konstruksi pengaman pantai dari abrasi yang dibuat Hotel Mulia Bali. Pasalnya, krib itu mengancam keberadaan pura Geger yang persis berada di sebelahnya.

Hal itu terungkap saat Komisi III DPRD Bali melakukan sidak ke Hotel Mulia Resort di kawasan Sawangan, Nusa Dua, Bali, Kamis (3/1). "Krib itu justru mengarahkan ombak menghantam pura," kata Ketua Komisi III DPRD Bali I Gusti Made Suryanta Putra yang memimpin sidak.

Sidak itu juga diikuti petugas dari Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum Bali. Rombongan dengan seksama mengamati ombak yang terus menghantam pura Geger yang berada di atas sebuah batu karang.

Menurut Suryanta, sebelum krib itu dibangun, ombak selalu terpecah ketika menuju pura Geger. Namun dengan adanya krib, gelombang air laut justru selalu menghantam dinding tebing pura sehingga dikhawatirkan makin terkikis.

Dia menegaskan, jika dalam kajian nanti terbukti ada kesengajaan krib Hotel Mulia malah merusak pura, pihaknya meminta proyek itu dibongkar. Jangan seenaknya pihak hotel hanya untuk kepentingan perusahaannya semata," tegas Suryanta.

Pihaknya juga heran bagaimana proyek krib itu bisa mengantongi izin. "Kami akan kaji ulang dalam rapat internal besok sekaligus memberi kesimpulan hasil sidak," imbuh politikus PDIP ini.

DPRD Bali juga memastikan akan melaporkan temuan itu kepada Kementerian Pekerjaan Umum. "Kami akan konsultasikan ke Jakarta agar proyek itu dikaji ulang," tutup Suryanta. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Bali

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.