Komunitas ini kampanyekan antikorupsi lewat Festival Jajanan Kampung

Minggu, 22 November 2015 19:32 Reporter : Dian Rosadi
Komunitas ini kampanyekan antikorupsi lewat Festival Jajanan Kampung Ilustrasi Korupsi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kegiatan Festival Antikorupsi 2015 di Bandung terus berlangsung. Salah satunya dilakukan Komunitas Taboo yang bermarkas di Dago Pojok, Bandung. Komunitas kreatif itu menyebarkan 9+1 nilai integritas dengan cara yang unik, yaitu melalui kegiatan workshop jajanan kampung.

"Jajanan kampung itu warisan tradisi yang mengajarkan tentang kebersamaan, kejujuran, kesabaran, disiplin, kerja keras, sederhana, dan sabar," ujar Rahmat Jabaril, Penggagas Komunitas Taboo dalam keterangan pers yang diterima merdeka.com, Minggu (22/11).

Nilai-nilai itu, lanjut Rahmat, terkandung dalam 9+1 nilai integritas yang merupakan bibit dari sikap antikorupsi.

Rahmat memaparkan tentang kegiatan workshop yang merupakan bagian dari Festival Antikorupsi. Namun, ia menghindari kata korupsi dalam pemaparannya dengan alasan kata tersebut memberi kesan negatif.

"Warga di sini dengarnya seram, kata korupsi sudah politis, imagenya kriminal," kata Rahmat.

Dia lebih nyaman menggunakan kata-kata yang terkandung dalam 9+1 nilai integritas, yakni kejujuran, peduli, disiplin, mandiri, tanggung jawab, adil, berani, kerja keras, dan sederhana plus sabar.

"Kata-kata itu lebih familiar dan dipahami warga, termasuk anak-anak yang menjadi target kita," ucapnya.

Workshop jajanan kampung ini diikuti oleh 60 orang peserta, di mana 20 orang peserta diantaranya berasal dari Korea. Sementara peserta lainnya adalah warga sekitar dago Pojok.

Selain Workshop Jajanan Kampung, Komunitas Taboo akan menggelar beberapa kegiatan lain dalam rangkaian Festival Antikorupsi 2015, seperti Pasar Malam, Festival Kampung Kreatif Antikorupsi, dan Pameran Komunitas di Konser Rakyat Antikorupsi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Antikorupsi 2015 yang telah dimulai sejak 17 November lalu. Puncak acara akan digelar pada 11 Desember 2015 yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini